HOME » BERITA » SECARA ANIMASI, BEGINI CARA KERJA DARI CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION

Secara Animasi, Begini Cara Kerja dari Continuously Variable Transmission

Bagi beberapa provider otomotif, CVT lebih disukai dari manual. Bagaimana cara kerjanya? Simak videonya berikut ini.

Rabu, 25 Oktober 2017 18:30 Editor : Fajar Ardiansyah
Animasi CVT (foto: Youtube Kaveh mad)

OTOSIA.COM - Dalam karya sejarah disebutkan bahwa transmisi dengan model CVT mulai dimarakkan penggunaannya pada tahun 1987. Salah satu perusahaan otomotif yang paling awal untuk menggunakan transmisi ini adalah Subaru, di mana saat itu Subaru Legacy, subaru Outback, dan Subaru Impreza menjadi sebagian diantara yang menggunakan transmisi CVT.

Semakin kemarin semakin banyak perusahaan otomotif yang menggunakan CVT sebagai sistem utama penggerak mesinnya. Salah satu alasan utama yang mendasari penggunaan transmisi CVT adalah efisiensi tenaga yang disalurkan kepada penggerak roda.

Akun YouTube Kaveh Mad berikut ini akan menunjukkan secara singkat bagaimana transmisi CVT bekerja dalam bentuk animasi yang sederhana. Memang tidak menunjukkan bagaimana cara kerja transmisi ini secara keseluruhan, tapi otolovers bakal melihat bagaimana skema dasar dan mekanisme dari transmisi ini.

Perbedaan ada pada jumlah penggerak di bagian belakang yang menggunakan penggunaan genset yang agak berbeda dengan transmisi manual. Tentu saja misi utamanya masih tetap dalam rangka untuk menghemat penggunaan bahan bakar dan mengefisienkan sebesar mungkin power yang tersalurkan ke penggerak.

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR