HOME » BERITA » SEDAN BISA JADI PENDORONG EKSPOR MOBIL SATU JUTA UNIT

Sedan Bisa Jadi Pendorong Ekspor Mobil Satu Juta Unit

Sedan sebagai salah satu model yang punya pasar potensial di luar negeri

Selasa, 14 Januari 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Sedan Bisa Jadi Pendorong Ekspor Mobil Satu Juta Unit
Ilustrasi ekspor mobil dari Indonesia (Otosia.com)

OTOSIA.COM - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bersama anggotanya akan mendorong peningkatan ekspor mobil dari semula 80 negara tujuan ekspor menjadi 100 negara.

Upaya peningkatan ekspor tersebut juga sejalan dengan penambahan tipe kendaraan yang diekspor. "Kita akan coba mencapai 100 negara tujuan ekspor, dan kalau bisa tipenya lebih banyak, bisa 18 tipe misalnya," kata Kukuh Kumara, Sekjen Gaikindo di sela-sela jumpa pers festival otomotif Taiwan, Taipei Ampa, di Jakarta, Selasa (14/1).

1 dari 2 Halaman

Sedan Bisa Jadi Pendorong Ekspor Mobil Satu Juta Unit

Hingga November 2019 kemarin, ekspor kendaraan utuh atau completely build up (CBU) dari Indonesia sebesar 306.000 unit. Sedangkan ekspor completely knock down (KCD) melonjak 460 persen menjadi 426 ribu unit.

Jika melihat produksi mobil Indonesia yang mencapai 2,3 juta unit setahun, angka ekspor mobil Indonesia kalah dibandingkan dengan Thailand. Dalam setahun Thailand melepas satu juta unit mobil ke berbegai negara.

?Produksi domestik kita besar, tapi secara kuantitas kita masih di bawah Thailand yang mengekspor 1 juta unit, kita masih di angka 300-400 ribu. Ini menjadi tantangan buat kita, karena saat ini Vietnam juga menjadi pendatang baru yang perlu diperhitungkan. Dari 90 juta penduduknya, pasar mobil (dalam negeri) di sana 400-500 ribu unit setahun,? katanya.

2 dari 2 Halaman

Sedan Bisa Jadi Pendorong Ekspor Mobil Satu Juta Unit

Salah satu peningkatan kuantitas dan jumlah negara tujuan ekspor menurut Kumara juga harus dipicu dengan memperbanyak model. Ia menyebut sedan sebagai salah satu model yang punya pasar potensial di luar negeri, sehingga Indonesia tidak lagi mengandalkan MPV dan SUV.

?Produksi mobil kita 2,3 juta setahun, sekitar 1,3 juga domestik. Nah masih ada sisa sejuta yang bisa dimaksimalkan diekspor. Kendaraan di luar banyak sedan, yang 7-seater tidak banyak di luar. Kita harapkan Indonesia juga bisa mengekspor lebih banyak sedan,? tukasnya.

BERI KOMENTAR