HOME » BERITA » SEDERET FAKTA BMW YANG BIKIN MELONGO, SEMPAT 'JUAL DIRI' KE MERCEDES

Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke Mercedes

Di balik nama besar nan mewah pabrikan mobil asal Jerman, BMW, ternyata juga menyimpan fakta-fakta mengejutkan. Bahkan apa yang pernah dialami BMW pun bisa bikin melongo, karena lebih terdengar tak mungkin.

Kamis, 27 Juni 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke Mercedes
BMW (Zing)

OTOSIA.COM - Di balik nama besar nan mewah pabrikan mobil asal Jerman, BMW, ternyata juga menyimpan fakta-fakta mengejutkan. Bahkan apa yang pernah dialami BMW pun bisa bikin melongo, karena lebih terdengar tak mungkin.

Rahasia arti logo BMW pun mungkin baru terbongkar baru-baru ini. Yup, BMW justru dulunya bukan pabrikan mobil. Tapi pabrikan pesawat militer.

Maka itu logo BMW yang berbentuk bulat dengan warna biru dan putih di keempat bagiannya itu diambil dari hasil baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.

1 dari 6 Halaman

Plesetan Singkatan BMW

Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke MercedesPlesetan Singkatan BMW

Nah selain rahasia logo itu ada banyak pesan tersembunyi lain. Melansir Zing, BMW sendiri adalah singkatan dari Bayerische Motoren Werke dalam bahasa Jerman.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, BMW berarti Bavarian Motor Works, yang memiliki arti umum sebagai Bavarian Motor and Automobile Group.

Tapi banyak orang yang membuat plesetan singkatan BMW itu. Mereka mengartikan sebagai Break My Wallet. Atau bisa diartikan bahwa mobil BMW selalu menguras isi dompet, karena harga dan biaya perbaikan BMW mahal.

2 dari 6 Halaman

Alasan Bikin Mobil

Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke MercedesAlasan Bikin Mobil

Tapi jika diingat lagi, mengapa kemudian BMW beralih memproduksi mobil konvensional?

Itu karena Perjanjian Versailles. Perjanjian itu menjadi alasan BMW pindah haluan, dari pembuat mesin pesawat ke mobil.

Perjanjian Versailes pada tahun 1919 adalah perjanjian yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia Pertama antara Jerman dan negara-negara Kovenan. Perjanjian ini melarang perusahaan Jerman memproduksi pesawat terbang.

3 dari 6 Halaman

Produksi untuk Brand Lain

Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke MercedesProduksi untuk Brand Lain

Rahasia lain adalah bahwa BMW kerap memproduksi mesin untuk pabrikan mobil lain. Seperti supercar McLaren F1 yang menggunakan mesin 5.0L V12 yang diproduksi oleh BMW.

Selain McLaren ada Toyota Supra 2020 yang juga pakai mesin BMW Mobil ini memang hasil pengembangan bersama Toyota dan BMW.

Di pasaran hanya BMW yang menawarkan mesin 6-silinder. Nah itu yang dicari oleh Supra. Ini juga merupakan strategi Toyota untuk mengurangi biaya produksi, sebab Toyota sudah lama berhenti produksi mesin jenis ini.

BMW juga pernah memiliki Rolls-Royce. Itu juga mengapa di mobil Rolls-Royce memakai sistem infotainment milik BMW.

4 dari 6 Halaman

Dijual ke Mercedes

Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke MercedesDijual ke Mercedes

Tapi yang menarik adalah, BMW pernah menjual dirinya kepada Mercedes. Saat itu BMW dalam masa-masa sulitnya. Maka itu BMW pernah ditawarkan ke Mercedes.

 

5 dari 6 Halaman

Markas BMW

Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke MercedesMarkas BMW

Selain soal antar brand otomotif, jika Otolovers belum tahu, markas besar BMW pun dirancang untuk bisa dipakai simulasi mesin 4-silinder. Bentuknya juga seperti logo perusahaan.

 

6 dari 6 Halaman

Interior Pesawat

Sederet Fakta BMW yang Bikin Melongo, Sempat 'Jual Diri' ke MercedesInterior Pesawat

Terakhir, selain memproduksi mobil, BMW juga terlibat di bidang aerospace. BMW bertanggung jawab merancang interior pesawat untuk Singapore Airlines.

 

BERI KOMENTAR