HOME » BERITA » SEDERET FAKTA KECELAKAAN DI JALAN WONOSARI-JOGJA YANG AKIBATKAN DUA ORANG MENINGGAL

Sederet Fakta Kecelakaan di Jalan Wonosari-Jogja yang Akibatkan Dua Orang Meninggal

Di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dua nyawa melayang akibat kecelakaan kendaraan dalam sehari

Senin, 11 Januari 2021 20:45 Editor : Ahmad Muzaki
Sederet Fakta Kecelakaan di Jalan Wonosari-Jogja yang Akibatkan Dua Orang Meninggal
Kecelakaan Maut di Gunung Kidul. ©2021 Liputan6.com

OTOSIA.COM - Kecelakaan kendaraan bermotor terjadi di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Nahasnya dala sehari ada dua orang yang meninggal dunia. Pada Jum'at siang (8/1), kecelakaan terjadi di daerah Tikungan Putat, Kapanewon Patuk, dan menyebabkan seorang pengendara motor tewas.

Kemudian pada sore harinya, kecelakaan terjadi di Padukuhan Siyono Wetan, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen. Kedua kecelakaan itu terjadi di ruas jalan yang sama, yaitu Jalan Wonosari-Jogja.

Lalu bagaimana kronologi kejadian kedua kecelakaan itu? dan apa sebab kecelakaan itu bisa terjadi? Berikut selengkapnya:

1 dari 4 Halaman

Mobil Oleng

2021 Liputan6.com

Dilansir dari Liputan6.com pada Jum?at (8/1), kecelakaan yang terjadi di Tikungan Putat merupakan kecelakaan karambol. Kapolsek Patuk AKP Hendra Prastawa mengatakan kecelakaan itu terjadi pukul 12.00 WIB.

Saat itu, mobil jenis L 300 dengan nomor polisi AB 8195 TK yang dikemudikan Budi Nur Widyanto (25) melaju dari arah Yogyakarta menuju Wonosari. Pada waktu jalan agak menikung ke kanan, mobil itu oleng dan melintas terlalu ke kanan.

Pada saat yang bersamaan, dari arah berlawanan datang motor Suzuki dengan nomor AB 6693 FW yang dikendarai FX Budiman (54). Jarak yang terlalu dekat membuat keduanya tak bisa menghindar dan kecelakaan-pun tak terelakkan.

2 dari 4 Halaman

Kecelakaan Karambol

2021 Liputan6.com

Pada waktu yang bersamaan, datanglah kendaraan roda empat jenis Daihatsu Alya nopol AB 1522 FH yang dikemudikan Ruswin Nurliansyah (28) warga Padukuhan Banjar, Kalurahan Giripanggung, Kapenewon Tepus. Mobil itu menabrak keras Mobil L 300 dari belakang.

Belum cukup sampai di situ, di belakang mobil Daihatsu Alya datang motor jenis Honda nopol AB 5760 AM yang dikendarai Panji (22), warga Padukuhan Gondang, Kalurahan Duwet, Kepanewon Wonosari. Karena tak bisa mengerem, motor Panji menabrak Daihatsu Alya dari belakang.

Akibat peristiwa itu, satu pengendara, FX Budiman, meninggal dunia setelah sempat dilarikan ke RS Nur Rohmah Gading karena mengalami luka memar di bagian kepala. Sementara itu pengendara lainnya hanya mengalami luka ringan.

3 dari 4 Halaman

Tragedi Pedal Gas Maut

Sementara itu kecelakaan yang terjadi di Playen bermula saat mobil Honda Accord AB 1132 RQ yang dikemudikan oleh Sukirman berhenti di pinggir jalan dengan posisi mobil menghadap ke timur. Pada saat pengemudi menyalakan kendaraan, posisi persneling mobil dalam keadaan mundur.

Karena laju mobil mundur, Sukirman bermaksud menginjak pedal rem agar mobilnya terhenti. Namun ia salah menginjak pedal gas sehingga mobil berjalan mundur dengan kecepatan tinggi dan masuk ke badan jalan lajur Jogja-Wonosari.

Bersamaan dengan itu, dari arah barat melintas sepeda motor jenis Yamaha Jupiter MX dengan nopol AB 2960 YW yang dikendarai Marsidi (59) dan berboncengan dengan Murtini (42). Saat terjadi benturan dengan motor di belakangnya, pengemudi mobil belum juga bisa menguasai laju kendaraannya. Sehingga pemotor ikut terseret ke belakang hingga beberapa meter. Kedua kendaraan itu baru terhenti setelah menabrak pohon di belakangnya.

4 dari 4 Halaman

Luka Serius

Akibat insiden ini, Marsidi mendapatkan luka serius dan langsung dilarikan ke RSUD Wonosari. Namun sayang sesampainya di sana ia tak tertolong. Sementara itu, Murtini masih dalam penanganan petugas medis.

Sementara itu pengemudi mobil dan penumpangnya, Ragil Putra Pamungkas (19), tidak mengalami luka. Mobil sendiri mengalami kerusakan pada bagian belakang, sementara motor mengalami kerusakan pada bagian depan. Atas kejadian ini, Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi mengimbau pada pengguna jalan untuk lebih berhati-hati.

?Imbauannya untuk lebih berhati-hati saat berkendara di jalanan. Jangan sampai merugikan pengguna jalan lainnya,? kata Hajar dikutip dari Liputan6.com pada Senin (11/1).

Penulis: Shani Rasyid

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR