HOME » BERITA » SEDERET KECELAKAAN MAUT PADA 2019, TELAN KORBAN NYAWA

Sederet Kecelakaan Maut pada 2019, Telan Korban Nyawa

Kecelakaan yang menewaskan lebih dari satu korban jiwa beberapa kali terjadi pada tahun 2019.

Kamis, 05 Desember 2019 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Sederet Kecelakaan Maut pada 2019, Telan Korban Nyawa
Kecelakaan maut tol Cipularang (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Hampir setiap hari terdengar kabar kecelakaan lalu lintas terjadi. Tak jarang, kecelakaan tersebut menelan korban nyawa.

Sepanjang tahun 2019, beberapa kali kecelakaan yang menelan korban nyawa lebih dari satu pun terjadi. Salah satu diantaranya yakni kecelakaan antara bus Sinar Jaya dan bus Arimbi.

Tujuh orang tewas dalam kecelakaan tersebut. Sementara itu 6 orang luka berat dan 10 orang lainnya luka ringan.

1 dari 5 Halaman

Sederet Kecelakaan Maut pada 2019, Telan Korban Nyawa

Kronologi Kecelakaan

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, kecelakaan bermula saat bus Sinar Jaya melaju dari arah Jakarta menuju Palimanan. Saat di lokasi, di KM 117.800 bus tersebut kehilangan kendali dan menyeberang ke jalur B.

"Lalu menabrak bus Arimbi yang melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta di lajur 2," jelas Trunoyudo, disitat dari Liputan6.com, Kamis (14/11/2019).

Selain kecelakaan dua bus ini, sebelumnya kecelakaan-kecelakaan yang menelan korban nyawa pun terjadi.

2 dari 5 Halaman

Tabrakan Beruntun di Cipali

Sederet Kecelakaan Maut pada 2019, Telan Korban NyawaTabrakan Beruntun di Cipali

Kecelakaan beruntun melibatkan bus Safari, Mitsubishi Xpander, Toyota Innova, dan sebuah truk terjadi di tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Senin (17/6/2019) sekira pukul 01.00 WIB dinihari.

Direktur Polisi Lalu Lintas Kepolisian Daerah jawa Barat, M Aris mngatakan, kecelakaan di tol Cipali bermula dari bus Safari yang melaju dari arah Jakarta menuju Cirebon di jalur A.

Korban luka-luka kecelakaan di KM 150 tol Cipali ini mencapai puluhan orang. Sedangkan korban tewas mencapai 12 orang.

Pengemudi bus diduga mengantuk atau kurang antisipasi, sehingga bus masuk median dan menyeberang ke jalur B. Korban tewas dalam kecelakaan beruntun ini adalah penumpang Innova, penumpang bus, dan penumpang Xpander.

3 dari 5 Halaman

Kecelakaan Beruntun di Baluran

Sederet Kecelakaan Maut pada 2019, Telan Korban NyawaKecelakaan Beruntun di Baluran

Kecelakaan beruntun juga terjadi di jalur hutan Baluran, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Kamis (4/7/2019). Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, setidaknya ada 6 kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Keenamnya yakni, truk bernopol DR 8806 AZ, Suzuki Ertiga BP 1096 ME, L300 L 9363 P, bus W 7638 UN, bus rombongan kedua, dan truk S 8861 UQ. Kecelakaan diduga lantaran truk DR 8806 AZ mengalami rem blong.

"Kendaraan yang ditabrak itu berhenti, karena sedang ada perbaikan jalan. Mereka dari arah yang berlaawanan dengan truk," terang Frans.

Akibat kecelakaan tersebut, satu orang tewas, 2 orang luka berat, dan 8 orang luka ringan. Sedangkan 6 kendaraan rusak.

4 dari 5 Halaman

Kecelakaan di Cipularang

Sederet Kecelakaan Maut pada 2019, Telan Korban NyawaKecelakaan di Cipularang

Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang melibatkan 21 kendaraan. Kecelakaan beruntun tersebut tepatnya terjadi di KM 91, Tol Cipularang, Senin (2/9/2019).

Kecelakaan tersebut menewaskan delapan orang dan 28 orang lainnya terluka. Hasil penyelidikan Polrres Purwakarta, dua pengemudi truk D dan S ditetapkan sebagai tersangka.

"Tersangka berinisal S, pengmudi truk B 9410 UIU. Satu tersangka lagi meninggal dunia, berinisial D, pengemudi truk dengan nomor polisi B 9763 UIT. Kedua truk dari perusahaan yang sama," terang Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolres Purwakarta, Rabu (4/9/2019), dikutip dari Liputan6.com.

Kecelakaan tersebut terjadi lantaran truk mengalami rem blong dan kelebihan muatan. "Dari yang harusnya 12 ton, ini mengangkut 37 ton, jadi kelebihannya 25 ton 3 kali lipatnya," ujar Kapolres Purwakarta AKBP Matrius di Aula Polres Purwakarta, Rabu (4/9/2019).

5 dari 5 Halaman

Innova vs Bus Mira di Nganjuk

Sederet Kecelakaan Maut pada 2019, Telan Korban NyawaInnova vs Bus Mira di Nganjuk

Selang beberapa hari, kecelakaan maut lainnya terjadi di Nganjuk, Jawa Timur. Kecelakaan tersebut melibatkan bus Mira dan sebuah Toyota Innova.

Akibatnya, tiga orang tewas dan dua orang lainnya mengalami luka. Kecelakaan tersebut diduga lantaran si pengemudi Innova, Panji Wisnu Kusuma yang melaju dari Madiun menuju Surabaya dalam kecepatan tinggi.

Sampai di lokasi kejadian, mobil oleng dan berpindah jalur. Dari arah sebaliknya, melaju bus Mira yang dikemudikan Tri Sumaryanto. Sehingga mobil langsung menabrak bus tersebut.

BERI KOMENTAR