HOME » BERITA » SEDERET MOBIL YANG PERNAH KENA RECALL DENGAN ALASAN KONYOL

Sederet Mobil yang Pernah Kena Recall dengan Alasan Konyol

Recall mobil dilakukan jika terjadi kesalahan produksi. Tapi siapa sangka bahwa kesalahan-kesalahan itu juga ada yang terdengar konyol.

Selasa, 12 Mei 2020 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Sederet Mobil yang Pernah Kena Recall dengan Alasan Konyol
BMW X3 pernah direcall lantaran salah warna pada lampu sein (Zing.vn)

OTOSIA.COM - Penarikan kembali atau recall yang dilakukan oleh produsen mobil, beberapa tahun belakangan seperti hal yang sudah wajar. Kampanye recall pun sering dilakukan, bahkan melibatkan jumlah unit kendaraan yang tak sedikit.

Padahal, recall ini biasa dilakukan apabila ditemukan cacat produksi atau kesalahan produksi. Maka semakin sering recall dilakukan, maka itu artinya semakin sering terjadi keteledoran bukan?

Nah, dari berkali-kali recall yang dilakukan hampir seluruh produsen mobil di dunia, ada beberapa alasan recall yang sangat konyol. Dilansir dari Zing, berikut daftarnya:

1 dari 9 Halaman

Airbag Mengembang Kena Cairan

Zing.vn

Airbag biasa akan mengembang jika terkena benturan. Tapi jika kamu mengendarai Toyota Corolla buatan pertengahan tahun 90-an, airbag bisa saja mengembang karena ketumpahan cairan. Akibatnya, 627.858 Corolla ditarik pada tahun 1995.

2 dari 9 Halaman

Rem di Kiri, Setir di Kanan

Masalah posisi pedal rem yang berbeda lokasi pernah dialami Peugeot, Citroen, dan Renault yang dipasarkan ke inggris. Mobil yang diproduksi dan dirancang di Prancis itu menggunakan setir kiri, tapi Inggris menggunkan setir kanan.

Akibatnya, pedal rem berada di sisi kiri dan setir kemudi di sisi kanan. Lalu, mobil-mobil itu diberi rem tambahan melalui konektor rem utama. Perbaikan ini secara tidak sengaja merusak fungsi rem bantu, membuatnya tidak bisa dioperasikan.

3 dari 9 Halaman

Kursi Overheat

Kasus yang dialami pengemudi perempuan di Kanada menjadi awal mula permasalahan kursi mobil overheat diketahui. Akibatnya, 94.000 mobil Volkswagen ditarik untuk diperbaiki. Model Jetta, Golf, dan GTI yang diproduksi antara tahun 2002 dan 2004 semuanya kena recall.

4 dari 9 Halaman

Tak Ada Pedal Rem

pada 2011, peodusen mobil Amerika Serikat, General Motors terpaksa menarik 4.296 unit Chevrolet Sonic karena tak memiliki pedal rem. Saat ditelusuri, insiden konyol itu diketahui salah pada departemen aksesori.

Tidak ada yang memperhatikan pedal rem terjatuh sebelum ribuan mobil dikirim ke pabrik Chevrolet, di Michigan. Untungnya, tidak ada kecelakaan akibta kesalahan konyol ini.

5 dari 9 Halaman

Mobil Menyala Sendiri

Subaru Legazy, Subaru Outback, dan Subaru Impreza produksi tahun 2010-2012, pernah terimbas recall. Mobil yang menggunakan transmisi otomatis dengna starter jarak jauh Audiovox itu bisa tiba-tiba menyala sendiri jika pemilik tak sengaja menjatuhkan kunci remot.

Bahkan mobil itu tetap bisa menyala tanpa ada tombol yang diklik. Jika pemilik tak menyadari hal itu, bisa saja mobil terus menyala selama berjam-jam bahkan berhari-hari.

6 dari 9 Halaman

Sarang Laba-laba di Pipa Ventilasi

Zing.vn

Pada pipa ventilasi Mazada 6 ditemukan sarang laba-laba sehingga menyumbat sistem bahan bakar. Maka itu, Mazda 6 tahun 2010-2012 pun ditarik.

7 dari 9 Halaman

Airbag Mengembang Sendiri

Pada 2013, airbag Toyota Camry mengembang dengan sendirinya. Biang keroknya yakni adanya kebocoran air pada jalur AC ke modul kontrol airbag, sehingga menyebabkan korsleting merusak sensor.

Akibat airbag mengembang, fugnsi seperti setir listrik pun tidak berfungsi. Selain Camry, Toyota Avalon juga mengalami hal yang sama.

Toyota juga menemukan laba-laba membuat sarang di jalur air AC sehingga menyebabka penyumbatan.

8 dari 9 Halaman

Salah Pasang Stiker

Honda Odyssey 2014 pernah ditarik lantaran Honda salah memasang label di sisi pintu bagasi. Honda berfikir, kesalahan kecil itu akan bisa memengaruhi nilai mobil itu ketika dijual kembali.

 

9 dari 9 Halaman

Salah Warna Lampu Sein

Pada tahun 2018, BMW menarik kembali beberapa model X3 lantaran warna lampu sein yang salah. Seharusnya, lampu sein itu menyala kuning, tapi justru menyala merah.

BERI KOMENTAR