HOME » BERITA » SEDERET RAHASIA DI BALIK EMBLEM MOBIL MEWAH BUGATTI

Sederet Rahasia di Balik Emblem Mobil Mewah Bugatti

Emblem Bugatti tampak mewah dan khas. Di balik pembuatannya itu ada beberapa hal menarik yang tak banyak diketahui.

Rabu, 21 Oktober 2020 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Sederet Rahasia di Balik Emblem Mobil Mewah Bugatti
Emblem Bugatti (Bugatti via Motor1.com)

OTOSIA.COM - Bugatti menjadi salah satu pabrikan mobil mewah di dunia. Produsen mobil asal Prancis ini pertama kali muncul pada tahun 1909.

Selama 110 tahun itu, Bugatti tahap demi tahap pun berubah. Bahkan bisa dibilang ubahan Bugatti dari tahun ke tahun sangat signifikan.

Tapi tidak dengan logonya yang ikonik. Dilansir dari Motor1, bentuk oval logo Bugatti memang bukan satu-satunya. Ford pun menggunakan logo yang berbentuk oval.

Meski begitu, milik Bugatti lebh 'bergengsi'. Di balik desain mewah logo Bugatti itu, ada beberapa hal yang tak banyak orang tahu.

1 dari 8 Halaman

Emblem Didesain oleh Ettore Bugatti

Pendiri Bugatti mengingkan emblem datar dan berkualitas tinggi sebagai lawan dari figur radiator mewah yang umum di awal 1900-an. Dia mendesainnya dengan instruksi khusus soal ukuran, sudut dan derajat. Ukurannya bervariasi selama bertahun-tahun, tetapi keseluruhan desainnya masih seperti yang diangan-angankan oleh Ettore Bugatti.

2 dari 8 Halaman

Arti Warna

Bugatti menyebut warna latar belakang merah berarti gairah dan kinerja, sedangkan tulisan putih dan trim mewakili keanggunan dan kebangsawanan. Adapun inisial Ettore Bugatti berwarna hitam di bagian atas emblem, yang melambangkan keunggulan dan keberanian.

3 dari 8 Halaman

60 Titik Mutiara

Bugatti tidak memiliki alasan yang jelas untuk adanya 60 mutiara tersebut, tetapi hal itu disebut menjadi bagian dari tren Art Nouveau yang populer di akhir 1800-an dan awal 1900-an. Hal itu juga disebut menjelaskan sebagai interpretasi dari membangun koneksi permanen pada bagian mekanis, sehingga menandakan keandalan dan daya tahan. Emblem modern saat ini terbuat dari 0,970 perak dan berat 159 gram.

4 dari 8 Halaman

Produksi Perusahaan Milik Keluarga

Poellath GmbH & Co. KG Münz- und Prägewerk didirikan di Schrobenhausen, Bavaria pada tahun 1778. Perusahaan Jerman itu terkenal karena pengerjaan logam dan teknik tmbulnya. Ketka Bugatti modern muncul di awal tahun 2000-an, emblem Veyron dibuat di sini.

5 dari 8 Halaman

Setiap Emblem Dibuat oleh 20 Pekerja

Menurut CEO Poellath, desain dan kualitas emblem Bugatti harus dibuat dengan tangan. Perusahaan ini bahkan membuat alat khusus untuk membuat emblem ini dari sepotong perak.

6 dari 8 Halaman

Satu Emblem Butuh Waktu 10 Jam

Sejak pemotongan awal hingga menjadi enamel dan proses finishing, butuh sekitar 10 jam untuk membuat satu emblem. Sebagai perbandingan, Ford membuat pickup F-150 hingga menjadi utuh, butuh waktu sekitar 20 jam.

7 dari 8 Halaman

Diembos dengan Tekanan Hingga 1.000 Ton

Untuk mendapatkan huruf yang benar, setiap keping 0,970 perak diembos beberapa kali dengan tekanan hingga 1.000 ton. Hasilnya tulisan Bugatti naik 2,1 milimeter.

Pengembosan digunakan sebagai pengganti pengecoran karena hasil akhirnya memberikan produk akhir yang lebih tajam dan berkualitas lebih tinggi.

8 dari 8 Halaman

Enamel Khusus

Lapisan enamel pada lencana Bugatti bebas dari bahan beracun, dan sebagai pengganti timbal, enamel mengandung silikat dan oksida. Hal ini menyebabkan enamel menyatu dengan perak saat dipanaskan.

BERI KOMENTAR