HOME » BERITA » SEGINI UMUR BATERAI HONDA PCX HYBRID

Segini Umur Baterai Honda PCX Hybrid

Teknologi hybrid untuk kendaraan roda dua di Indonesia memang langka. Honda PCX Hybrid mungkin motor pertama yang muncul di Indonesia dengan teknologi hybrid.

Senin, 16 Juli 2018 22:10 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Paultan

OTOSIA.COM - Teknologi hybrid untuk kendaraan roda dua di Indonesia memang langka. Honda PCX Hybrid mungkin motor pertama yang muncul di Indonesia dengan teknologi hybrid.

Tenaga Honda PCX Hybrid, selain berasal dari mesin bensin juga mendapat tambahan daya listrik dari baterai lithium-ion. Bicara soal baterai, maka akan berkaitan denan umur pemakaian.

Sebab, jika menggunakan abterai maka harus selalu melakukan pengisian ulang dan bukan tak mungkin baterai tersebut mengalami masalah karena daya tahan atau hal paling buruk adalah rusak.

Menanggapi soal baterai pada Honda PCX Hybrid, General manager Technical Service Division PT AstraHonda Motor (AHM) Wedijanto Widarso, angkat bicara.

Menurutnya, penggunaan baterai tergantung dari gaya atau cara berkendara masing-masing konsumen. Bahkan usia pakai baterai bisa 4-5 tahun atau lebih.

"Kalau di dalam kota selalu menggunakan assist dalam keadaan tidak normal pasti usia semakin pendek," ungkap Wedi saat ditemui akhir pekan lalu.

Dia juga menyatakan, jika pengemudi doyan menancapkan terus handle gas, maka hal itu bukan menajadi masalah. Akan tetapi hal tersebut hanya akan berpengaruh pada daya tahan baterai.

"Sebenarnya baterai itu tidak akan mati, tetapi hanya berkurang saja performanya karena voltasi danlain sebagainya sudah turun kalau sudah lama seperti itu," ungkapnya.

Sebaliknnya, jika daya baterai habis, maka sepeda motor tetap akan menyala lantaran masih menggunakan mesin sepeda motor. Adapun kata dia, keberadaan daya di baterai sendiri berfungsi menambah tenaga sewaktu sepeda motor berakselerasi.

Wedijanto melanjutkan, apabila baterai tersebut sudah mati, motor tetap bisa menyala seperti biasa. Sebeb, keberadaan baterai hanya untuk menambah tenaga tambahan ketika motor berakselerasi.

Adapun jika baterai mengalami masalah atau kerusakan, maka baterai baru sudah dijual. Soal harga, baterai dibanderol sekitar Rp 7 jutaan.

"Itu pun sangat jarang terjadi (rusak). Tidak akan mati, hanya performa menurun paling lama sekitar delapan tahun," sambung Technical Service Division PT AHM Reza Rezdie Shahertian.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR