HOME » BERITA » SEJARAH LAMBORGHINI YANG TURUT MENGEMBANGKAN DODGE VIPER

Sejarah Lamborghini Yang Turut Mengembangkan Dodge Viper

Merek supercar asal Italia tersebut pun membantu dalam pengembangan Dodge Viper.

Kamis, 26 Oktober 2017 21:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Dodge

OTOSIA.COM - Mobil sport asal Amerika Serikat, Dodge Viper akan berusia 25 tahun pada tahun 2017, terhitung mulai dipasarkan pada tahun 1992.

Sayangnya, pihak Dodge berencana untuk tidak melanjutkan penjualan mobil yang memiliki mesin V10 tersebut pada setelah 2017, karena seperti yang ditulis oleh Allpar.com, Dodge Viper berhenti produksi pada Agustus 2017.

Dodge Viper merupakan mobil sport yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat, Dodge sejak tahun 1991 untuk pasaran Amerika Serikat. Dodge Viper pertama kali diluncurkan tahun 1991 dengan kendaraan 2 pintu. Mobil ini dirakit di Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

Kelahiran dari Dodge Viper sendiri tidak mudah, karena pada tahun 1988 Chrysler, perusahaan induk Dodge, sedang mengalami kesulitan finansial, dan memutuskan untuk membuat mobil super.

Mesin dari Dodge Viper awalnya merupakan mesin untuk truk, namun karena pada saat itu Chrysler memiliki Lamborghini, maka merek supercar asal Italia tersebut pun membantu dalam pengembangan Dodge Viper.

Dodge akhirnya memberikan sebuah blok mesin dari cetakan baja sebagai dasar, namun kemudian Lamborhini membenahi dapur pacu yang besar tersebut agar lebih cocok untuk digunakan oleh sebuah mobil sport, dan menggunakan bahan aluminium.

Koneksi antara Dodge Viper dan Lamborghini tidak berhenti sampai di situ, karena bagian eksterior Viper didesain oleh orang yang sama dengan yang mendesain Lamborghini Diablo.

Seiring perkembangan wakti, Didge Viper menjelma menjadi penguasa sirkuit. Bahkan, di akhir 1990-an, Dodge Viper memenangkan 16 dari 18 balapan Le Mans Series yang diikutinya.

Sebelum mengakhiri produksinya, Dodge Viper mencetak rekor sebagai yang tercepat di berbagai sirkuit, hingga menjadi mobil produksi tercepat ke-6 di sirkuit legendari Nurburgring di Jerman.

Dodge Viper terakhir yang keluar dari pabriknya di Detroit pada 16 Agustus 2017 dilabur dengan cat warna merah yang persis seperti yang menempel pada Dodge Viper generasi pertama.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR