HOME » BERITA » SEJARAH LAMPU SEIN, TERNYATA PENEMUNYA ARTIS HOLLYWOOD

Sejarah Lampu Sein, Ternyata Penemunya Artis Hollywood

Penemu cikal bakal lampu sein ternyata seorang wanita sekaligus artis Hollywood.

Senin, 29 Juni 2020 21:15 Editor : Cornelius Candra
Sejarah Lampu Sein, Ternyata Penemunya Artis Hollywood
Lampu belakang Honda Accord (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Belakangan ini lampu sein kerap menjadi polemik. Pasalnya, tak sedikit emak-emak yang berbelok ke kiri, tapi menyalakan lampu sein kanan, atau pun sebaliknya. Tapi, tahukah Otolovers siapa penemu lampu sein?

Mengutip dari New York Times, usia lampu sein telah lebih dari 1 abad. Indikator ini ditemukan oleh seorang aktris Hollywood dan juga seorang penggemar otomotif, Florence Lawrence, pada tahun 1914 silam.

Kala itu, lampu sein jauh berbeda dengan yang sekarang beredar. Tak seperti namanya, Florence menggunakan sistem bendera di bumper yang bisa digerakkan naik turun dengan memencet tombol di dashrboard.

1 dari 1 Halaman

Tak hanya lampu sein, Florence juga berkontribusi pada pengembangan lampu rem. Idenya kala itu ialah ketika pengendara menginjak pedal rem, ada lambang "STOP" yang keluar dari bagian belakang mobil.

Sayangnya, penemuan Florence ini tidak dipatenkan. Ibunya sempat mencoba mematenkan lampu sein dan stoplamp itu, tapi terlambat lantaran sudah ada perusahaan lain yang mengaku memiliki desain serupa.

Pada 1925, seorang pria bernama Edgar Walz Jr sempat mengaku sebagai penemu cikal bakal lampu sein. Kala itu, ia membuat indikator dengan bentuk panah untuk lampu sein dan pada lampu remnya terdapat tulisan "STOP".

BERI KOMENTAR