HOME » BERITA » SEKALI-KALINYA, BRAND KNALPOT AMERIKA BIKIN PRODUK UNTUK XMAX INDONESIA

Sekali-kalinya, Brand Knalpot Amerika Bikin Produk untuk XMAX Indonesia

Fenomena skutik besar yang disodorkan Yamaha di Indonesia rupanya menjadi problem tersendiri dalam hal kebutuhan produk aftermarket. Contohnya Yamaha XMAX. Para produsen sepertinya luput untuk melirik pasar skutik Yamaha XMAX ini, termasuk untuk knalpot.

Kamis, 28 Maret 2019 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Knalpot TwoBros di motor Yamaha XMAX (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Fenomena skutik besar yang disodorkan Yamaha di Indonesia rupanya menjadi problem tersendiri dalam hal kebutuhan produk aftermarket. Contohnya Yamaha XMAX. Para produsen sepertinya luput untuk melirik pasar skutik Yamaha XMAX ini, termasuk untuk knalpot. Di sisi lain, para penggunanya setengah kebingungan saat coba mencari produk untuk skutik bongsor mereka tersebut.

Namun, fenomena ini ditangkap oleh PT. Axelera Moto Indonesia (AMI). Distributor knalpot asal Amerika Serikat, TwoBros, ini coba berkomunikasi dengan pihak di Amerika Serikat tadi perihal kebutuhan produk semacam ini.

Bukan cuma persoalan minimnya pilihan. Direktur PT AMI Luthfi Ardian mengatakan, karena pasarnya tidak punya banyak pilihan, produk yang dipilih malah mengurangi performa motor. Padahal tahu sendiri, daya XMAX dua kali lebih dari skutik reguler dan sayang jika berkurang hanya karena persoalan semacam ini.

€œJadi masih banyak pengguna XMAX yang pakai knalpot aftermarket €˜asal cocok€™ alias ambil dari tipe motor lainnya dan dibuatkan link pipe-nya. Walhasil, kebanyakan jadi malah €˜ngempos€™,€ kata pria yang juga disapa Bro Lutfi ini.


Berangkat dari sana, Bro Luthfi pun sudah terpikir untuk mencarikan TwoBros sebagai pasangan XMAX. Mengingat TwoBros lebih akrab dengan moge, maka ia dan produsen pun mesti membuat riset terlebih dahulu secara khusus sejak tahun lalu.

Riset yang dimulai pada akhir 2018 itu menghasilkan TwoBros tipe Tarmac Carbon yang pas untuk ukuran XMAX.

€œWaktu itu mulai riset bulan Oktober tahun 2018. (Setelah riset, TwoBros Tarmac Carbon khusus XMAX) rilis 20 Maret 2019 lalu,€ kata dia lagi.

Ia menjanjikan bahwa tenaga motor terasa padat sejak putaran bawah hingga ke atas. Bobot knalpot itu sendiri lebih ringan. Sebab, knalpot bawaannya sekitar 6 kg, sementara TwoBros khusus XMAX ini hanya 2 kg.

"Bentuk dan kualitas pengerjaan produk pun sangat-sangat rapih. Diperhatikan semua aspek detailnya,€ kata dia saat membahas aspek estetikanya.

Produk yang sama beredar pula di gerai DuniaMotor.com. Namun tidak kalah unik, DuniaMotor.com atau DM bahkan menggratiskan TwoBros ini di XMAX sehingga pembelinya bisa merasakan langsung produk impor bermaterial serat karbon tersebut.

"Jadi untuk yang di DuniaMotor.com, XMAX dapat TwoBros Tarmac Carbon. Tapi ini khusus leasing. Soal harga totalnya, juara-lah. Ibaratnya kayak cuma bayar XMAX doang, dan kalau di kami gratis TwoBros, gratis pemasangan juga," janji Bro Ron, pemilik DM. Wah, makin seru dan panas saja pasar skutik gede di Indonesia.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR