HOME » BERITA » SEKILAS SEJARAH MOTOR SCRAMBLER

Sekilas Sejarah Motor Scrambler

Selasa, 10 Oktober 2017 08:15

Sekilas Sejarah Motor Scrambler
Foto: Pinteres
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Buat penggemar motor modifikasi beraura retro klasik pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah motor scrambler. Sebab di samping hasil modifikasi, kini sejumlah produsen kendaraan roda dua juga membuat motor model scrambler standar pabrikan.

Namun terlepas dari motor tersebut hasil modifikasi atau buatan pabrikan, sebenarnya seperti apa awal mula penamaan motor jenis ini?

Ketika ditelusuri lebih jauh, penamaan 'scrambler' ternyata diambil dari nama sebuah balapan sepeda motor yang berlangsung di Inggris sekitar tahun 1920-an. Pada balapan tersebut yang berhak menjadi juara adalah motor yang mampu memperoleh catatan waktu tercepat dari jarak yang sudah ditentukan.

Meski yang dinilai adalah yang tercepat, namun tidak ada batasan lintasan yang akan dilewati, para pembalap bebas memilih jalur baik melewati perbukitan, jalan berlumpur, ataupun berbagai medan sulit dan terjal yang lainnya.

Nah karena pada waktu itu motor masih standar, para pembalap akhirnya memberikan sejumlah modifikasi agar motornya bisa diajak untuk melintasi berbagai kondisi medan jalanan. Beberapa campuran modifikasi yang diberikan diantaranya, rodanya diganti dengan bahan yang berulir kasar atau istilah sekarang, dengan bahan ulir 'tahu' berbentuk kotak-kotak.

Kemudian postur motor juga ditinggikan untuk mendapatkan ground clearance yang lebih tinggi, biar motor tidak mudah nyangkut ketika melintasi beberapa gundukan. Selain itu pada peredam gas buahnya juga diubah secara letaknya, knalpotnya diposisikan menjorok ke atas lebih tinggi. Selanjutnya yakni bagian joknya, dibuat lebih tipis, modelnya dibuat merata antara tempat duduk rider dan boncenger.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER