HOME » BERITA » SEKUAT APA MOTOR CUSTOM DIPAKAI MUDIK?

Sekuat Apa Motor Custom Dipakai Mudik?

Sekuat apa motor custom untuk diajak mudik? Jawabannya jelas kembali pada bagaimana motor tersebut dibangun.

Kamis, 19 April 2018 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto : SUryanation Motorland

OTOSIA.COM - Ide untuk menggunakan sepeda motor custom saat mudik bukan tidak mungkin terpikirkan. Pasalnya, memakai motor custom adalah sebuah kebanggaan tersendiri.

Namun, sekuat apa motor custom untuk diajak mudik? Jawabannya jelas kembali pada bagaimana motor tersebut dibangun.

Motor custom sendiri punya spesifikasi tersendiri, baik dari kubikasi mesin, kaki-kaki, hingga kualitas suku cadang yang dibuat.

Yang jadi problem, menurut pandangan builder motor kenamaan, Lulut Wahyudi, justru adalah ketika motor tersebut sebenarnya hanya layak untuk jarak dekat, tetapi dipakai jalan jauh.

"Kadang motor yang tidak bisa dipakai untuk jalan jauh dipaksa. Yang mengakibatkan kecelakaan. Spesifikasi dan mesin mesti cukup. Kan mudik pasti membawa beban, jangan pakai mesin yang malah kecil, 50 cc, itu namanya cari masalahlah," kata dia.

Mudik dengan sepeda motor juga bisa menyenangkan karena ibarat touring. Namun dia menekankan bahwa mudik dengan sepeda motor standar akan lebih baik.

"Daripada perjalanan Lebaran yang sudah mepet itu jadi tertunda, saran saya sebagai pelaku dunia custom ya silakan pakai motor yang spesifik bisa dipakai touring jauh," kata dia.

Dirinya juga berpesan bahwa tidak semua petugas berwenang di setiap daerah paham dengan motor custom. Artinya, pengguna malah mungkin kena sanksi karena bagian sepeda motor dianggap tidak sesuai peraturan.

(kpl/why/tys)

BERI KOMENTAR