HOME » BERITA » SELAIN GANTI OLI TIAP 10.000 KM, V85 TT PUNYA 3 PILIHAN JOK BUAT POSTUR PENDEK

Selain Ganti Oli Tiap 10.000 Km, V85 TT Punya 3 Pilihan Jok Buat Postur Pendek

Moto Guzzi sekilas terinspirasi dari motor klasik, tapi V85 TT juga telah memenuhi persyaratan paling baru, yaitu teknologi masa depan, fungsionalitas, dan kenyamanan untuk sebuah perjalanan modern.

Selasa, 16 Juli 2019 16:45 Editor : Ahmad Muzaki
Selain Ganti Oli Tiap 10.000 Km, V85 TT Punya 3 Pilihan Jok Buat Postur Pendek
Moto Guzzi V85 TT (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - PT Piaggio Indonesia resmi menghadirkan moge adventure bercita rasa klasik, Moto Guzzi V85 TT. Motor yang merupakan satu-satunya motor yang ada di genre classic endure ini dibanderol Rp650 juta on the raod Jakarta.

Moto Guzzi sekilas terinspirasi dari motor klasik, tapi V85 TT juga telah memenuhi persyaratan paling baru, yaitu teknologi masa depan, fungsionalitas, dan kenyamanan untuk sebuah perjalanan modern.

Salah satu yang menarik, motor ini memiliki interval servis pergantian oli sejauh 10.000 km, bahkan bisa setiap 12.000 servis jika motor jarang dipakai.

€œDan yang ragu, pak ini motor servisnya bagaimana? Motor ini jaraknya per 10.000 km untuk ganti oli atau servis. Panjang ya. Kalau motor itu didiamkan atau tidak dipakai, itu bisa tidak servis per 12 bulan, dengan catatan tidak dipakai atau dipanaskan saja,€ ujar Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia.

1 dari 3 Halaman

TFT Moto Guzzi V85 TT

Selain Ganti Oli Tiap 10.000 Km, V85 TT Punya 3 Pilihan Jok Buat Postur PendekTFT Moto Guzzi V85 TT

Interval pergantian oli yang cukup panjang tersebut faktor utama penyebabnya adalah pengaplikasian teknologi semi half dry crankcase di mesin, sehingga oli tidak terbuang percuma. Karena selain ke mesin, diantaranya juga ke camshaft..

??Kalau ada yang nanya, pak ini mesinnya sama dengan Moto Guzzi V7 atau V9? Beda. Pertama dari bentuknya, kedua V85 TT sudah pakai semi half dry crankcase, jadi oli tidak bergerak liar. Jadi dengan mesin yang sama V85 TT olinya hanya 1,7 liter. Berbeda dengan V7 atau V9 yang sama-sama 2 liter,? terangnya.

Kendati menggunakan sistem pendingin udara, display TFT di dashboard membantu dan mengingatkan pemilik motor untuk melakukan servis.

??TFT itu unya dua catatan. Kalau anda sering offroad, sering gas pol atau rem pol, itu akan dicatat ama dia. Berapa lama Anda mengendarai motor dengan kondisi gas pol, itu akan tercatat. Aslinya memang 10.000 km, tapi bisa dilakukan servis lebih cepat,? paparnya.

Teknologi tersebut bertujuan agar motor tetap dalam kondisi prima. ??Untuk menjaga mesinnya tetap terjaga dia punya hitungan tersendiri, berapa lama anda mengendarai motor dengan kondisi gas pol, itu akan dicatat sama dia, jadi aman,? tukasnya.

TFT display sendiri memberikan pengendara kejelasan dan kemudahan membaca travel information dan data-data kendaraan. Layar TFT menyajikan informasi fuel level, engine revs, engaged gear, riding speed, cruise control, riding mode, air temperature, residual autonomy, odometer, travel diary A and B, mencakup partial distance, partial time, full speed, average speed, average consumption, dan instant consumption.

Display parameter lainnya adalah pop up zone seperti paggilan telepon dan display pesan dan alarms, active navigation, mia control unit, intercom connection, smartphone connection dan waktu.

2 dari 3 Halaman

Mesin Moto Guzzi V85 TT

Selain Ganti Oli Tiap 10.000 Km, V85 TT Punya 3 Pilihan Jok Buat Postur PendekMesin Moto Guzzi V85 TT

V85 TT sendiri mempertahankan konfigurasi ciri khas Moto Guzzi dengan mesin baru, yakni berpendingin udara 90 derajat V twin OHV dan 2 valve per silinder, yang dinamakan sebagai tradisi ??Mandello Eagle?.

Kapasitas mesinnya adalah 853 cc, dari V9 platform. Dengan desain baru yang komplet, V85 TT mampu menyemburkan tenaga maksimum 85 hp dan torsi maksimum 85 Nm pada 5.000 rpm sesuai dengan tradisi Madello Twin, dimana selalu menawarkan pengendaraan yang cukup baik pada putaran mesin yang rendah.

Mesin ini mempunyai performa baik, berkat penggunaan 2 Guzzi Valve yang klasik, hingga diameter yang meningkat 42,5 mm dan pembaharuan pada material. Bahkan rod & rocker system dan air cooling tetap ada, mengkonfirmasikan validitas arsitektur teknik yang telah membuat sejarah Moto Guzzi.

Untuk membuat kinerja mesin optimal, digunakan pula titanium suction valves, menjadi penyempurnaan yang memungkinkan geometri bukaan katup yang jauh lebih terdorong. Kemudian semi-dry crankcase lubrication system, bukan hanya kering (dry), dengan dua coaxial delivery pump bisa meningkatkan proses pendinginan oli.

3 dari 3 Halaman

Jok Moto Guzzi V85 TT

Selain Ganti Oli Tiap 10.000 Km, V85 TT Punya 3 Pilihan Jok Buat Postur PendekJok Moto Guzzi V85 TT

Hal lain yang menarik adalah Moto Guzzi V85 TT menawarkan tiga pilihan jok standar untuk mengakomodir postur tubuh atau tinggi badan. Setiap ukuran berdasarkan ketebalan jok. Tapi tetap masih enak diduduki, masih nyaman.

??Motor ini kelihatan tinggi,bagaimana dengan tubuh orang Indonesia? Tapi kalau kita nyemplak dengan tinggi tidak terlalu tinggi, seperti saya tidak telalu jinjit-jinjit amat, apalagi yang diatas 170 cm, dia akan napak,? ujarnya seraya biker yang punya tinggi badan 165 cm masih nyaman mengendarainya.

Sementara itu, untuk pemakaian offroad, kontrol traksi dan ABS bisa dinonaktifkan. ??Khusus offroad kontral traksi harus dimatikan, karena kalau offroad kalau ngak ngepot motor ngak asik. Jadi begitu dipakai di jalan raya silahkan dipakai kontrol traksinya, jika di jalan offroad kontrol traksinya dimatiin,? imbuhnya.

Sistem pengereman ABS hanya bisa dinonaktifkan dioffroad. Di jalan biasa atau basah tidak bisa dimatikan karena peraturan safety di Italia.

??Kontrol traksinya ada dua, slow respon an fast respon. Jika slow respon, kalau tergelincir sedikit atau kalau hujan ban terpelintir sedikit, mesin itu akan langsung diintervensi . Mesin akan dibatasi tenaganya biar tidak kepleset,? katanya.

Artinya kontrol traksi akan menyesuaikan dengan maping yang dipakai. ??Jadi kalau ada kepleset-kepleset dikit tapi yang dipakai offroad, sama mesin dicuekin karena yang dipakai offroad. Oh ya, motor ini juga ada fitur penghangat jika dipakai di udara dingin,? pungkasnya.

BERI KOMENTAR