HOME » BERITA » SELAIN GANTI PELUMAS, INI PERLUNYA FLUSHING PADA GEARBOX MOBIL MATIC

Selain Ganti Pelumas, Ini Perlunya Flushing Pada Gearbox Mobil Matic

Mengganti pelumas secara reguler kurang maksimal karena ada gram di dalam gearbox mobil matic tidak ikut terbuang. Karenanya dibutuhkan proses flushing.

Rabu, 03 Februari 2021 11:15 Editor : Nazarudin Ray
Selain Ganti Pelumas, Ini Perlunya Flushing Pada Gearbox Mobil Matic
Ilustrasi proses flushing di dalam gearbox (Istimewa)

OTOSIA.COM - Meski sudah dilumasi oli, komponen kendaraan yang saling bergerak dan berputar tetap akan mengalami keausan. Misalnya komponen gearbox mesin mobil atau di transmisi.

Lantaran sering bergesek, gram atau bubuk sisa gesekan akan bersarang hingga berisiko mengganggu kinerjanya. Wajib dilakukan penggantian pelumas sesuai waktu interval peggantiannya agar performanya tetap terjaga,

Namun penggantian pelumas reguler kurang maksimal lantaran masih ada gram di dalam

gearbox

tidak ikut terbuang. Karena itu dibutuhkan proses flushing atau pembersihan kotoran di dalam gearbox agar ruang kerja gearbox bersih secara maksimal.

1 dari 2 Halaman

"Langkah ini untuk memaksimalkan kerja gearbox matic yang banyak diaplikasi mobil-mobil Peugeot. Makanya agar performanya meningkat, gearbox matic disarankan untuk di flush secara berkala," jelas Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.

Khusus untuk Peugeot bertransmisi matik sebaiknya dilakukan tiap interval 40.000 km. Lalu kenapa dilakukan dalam tempo yang cukup lama, karena proses flush gearbox matic pada mobil Peugeot tidak seperti ganti oli gearbox matic pada umumnya.

 

2 dari 2 Halaman

Karena pelumas yang sudah terkontaminasi di dalam gearbox benar-benar dikuras. Termasuk gram-gram yang sulit dihilangkan.

"Sebagai gambaran, kalau proses ganti oli gearbox matic cuma dibutuhkan oli 4 liter atau cuma yang ada dipenampungan. Sedangkan flush gearbox matic perlu didukung alat khusus, sehingga volume pelumas yang biasanya sekitar 8 liter terkuras semua. Jadi bener-benar bersih, karena kotoran di dasar dan melekat di komponen ikut terbuang," ungkap Roni.

BERI KOMENTAR