HOME » BERITA » SELAIN ISUZU MU-X, TOYOTA FORTUNER DAN MITSUBISHI PAJERO SPORT JUGA PERLU WASPADAI SUV INI

Selain Isuzu MU-X, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport Juga Perlu Waspadai SUV Ini

Masih ada 1 lagi SUV selain Isuzu MU-X yang bisa menjadi rival kuat Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Jum'at, 30 Oktober 2020 11:15 Editor : Cornelius Candra
Selain Isuzu MU-X, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport Juga Perlu Waspadai SUV Ini
MG Gloster, SUV pesaing Toyota Fortuner (Autocar India)

OTOSIA.COM - Rabu kemarin (28/10), Isuzu MU-X teranyar akhirnya dirilis di Thailand. Bentuknya berubah total, eksteriornya semakin modern, dibekali segudang fitur baru, sasis yang lebih rigid, serta peningkatan performa mesinnya.

Jelas dengan penyegaran ini, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport perlu waspada. Tapi, bukan hanya Isuzu MU-X yang perlu diperhatikan, tapi juga MG Gloster, SUV ladder-frame MG Motor di India.

1 dari 5 Halaman

Secara fisik bisa dibilang MG Gloster penampilannya cukup sederhana. Gril dan bumper SUV ini tidak terlalu ramai, tapi tetap terkesan tangguh dan premium berkat gril oktagon krom berukuran besar. Selain itu, terdapat skid-plate silver di depan dan belakangnya.

Mengenai dimensi, MG Gloster memiliki panjang 4.985 mm, lebar 1.926 mm, dan tinggi 1.867 mm. Ukuran ini bahkan mengungguli Toyota Fortuner yang panjangnya mencapai 4.795 mm, 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Jelas, ruang kabin SUV blasteran Inggris-China ini terasa lebih lega.

2 dari 5 Halaman

MG Gloster juga terlahir dengan segudang fitur menarik. Pencahayaannya tentu sudah menggunakan LED. Tak hanya itu, lampu utamanya memiliki fitur auto leveling, bahkan untuk varian tertentu dibekali Steering Assist Cornering Lamp. Masih di luar, terdapat panoramic sunroof, keyless smart entry, dan power backdoor.

Untuk interior, MG Gloster hadir dalam 2 pilihan, 6-seat dan 7-seat. Jelas di varian 6-seat, baris tengahnya diisi oleh sepasang jok captain-seat. Bangku depannya memiliki pengaturan elektrik, 8 arah untuk penumpang dan 12 arah di pengemudi, serta tambahan fungsi pemijat.

3 dari 5 Halaman

Beralih ke sistem infotainmen, pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki layar 12,3 inci di dashboard tengahnya, serta terhubung ke 12 speaker. Head-unit ini tentunya juga bisa tersambung ke smartphone melalui Android Auto atau pun Apple Car Play. Interiornya pun makin terasa mewah berkat kehadiran ambient light 64 warna.

Keselamatan turut menjadi perhatian utama di MG Gloster. Mobil SUV ini dibekali segudang fitur keamanan, seperti Forward Collision Warning, Lane Departure Warning, dan Blind Spot Detection. Jelas terpasang juga ABS+EBD+BA, Traction Control, Hill Hold Control, dan Electronic Stability Program.

4 dari 5 Halaman

Menariknya lagi, MG Gloster menjadi SUV ladder-frame pertama yang memiliki sistem berkendara semi-autonomous. Kemampuan ini tak terlepas dari hadirnya teknologi bernama ADAS (Advance Driving Assistance System). Di dalamnya terdapat Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking, dan Automatic Parking Assist.

Dapur pacu MG Gloster pun tak bisa dianggap remeh. Berbekal mesin diesel 2.000 cc twin-turbo untuk varian tertingginya, SUV ladder-frame ini mendapat asupan tenaga sebesar 215 hp dan torsi 480 Nm. Performa tersebut disalurkan ke 4 rodanya melalui transmisi otomatis 8-speed.

5 dari 5 Halaman

Di varian lain, MG Gloster hanya mengandalkan mesin 2.000 cc turbocharger. Tapi, performanya tetap tidak payah, bertenaga 160,7 hp dan torsi 375 Nm. Tapi, tipe ini menyalurkan tenaganya hanya ke roda belakang alias RWD (rear-wheel drive), melalui transmisi yang sama, otomatis 8-speed.

Meski bertabur fitur dan dimensinya luas, harga MG Gloster ternyata masih cukup terjangkau, mulai INR2,898-3,538 juta atau Rp578-705 jutaan. Jelas nominal tersebut masih lebih murah dibanding harga Toyota Fortuner di India yang dibanderol INR3,688 juta, setara Rp735 jutaan (Kurs INR1 = Rp199).

BERI KOMENTAR