HOME » BERITA » SELAIN JALAN, AREA PARKIR DI JAKARTA JUGA TERAPKAN GANJIL GENAP

Selain Jalan, Area Parkir di Jakarta Juga Terapkan Ganjil Genap

Dishub DKI Jakarta telah menerapkan parkir ganjil genap di 2 titik.

Senin, 03 Februari 2020 17:45 Editor : Cornelius Candra
Selain Jalan, Area Parkir di Jakarta Juga Terapkan Ganjil Genap
Ilustrasi area parkir (collinsdictionary.com)

OTOSIA.COM - Sejak Jumat pekan lalu (31/1), peraturan parkir ganjil genap telah diterapkan. Hal itu diungkap langsung oleh Syafrin Liputo, Kepasa Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

"Jadi yang parking hanya kendaraan yang bernomor genap ganjil berdasarkan tanggal pada jam-jam yang berlaku ganjil genap," kata Syafrin seperti dilansir kanal Peristiwa, Liputan6.com.

Terdapat dua lokasi yang mulai menerapkan peraturan ini, yakni Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Kedua wilayah tersebut menyediakan parking on street atau sistem parkir di bahu jalan.

Peraturan itu berlaku pada waktu pelaksanaan ganjil genap yakni pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan pada malam hari mulai dari pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB.

1 dari 1 Halaman

Syafrin menyebut, terdapat enam titik parkir ganjil genap yang diberlakukan di Jalan Gajah Mada dan empat titik di Jalan Hayam Wuruk.

"Jumat kemarin belum ada pelanggaran. Rambu-rambu (aturan ganjil genap) sudah dipasang," ucapnya.

Untuk kendaraan yang melanggar, Syafrin menyebut, akan dikenakan tilang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Pelanggar akan dikenakan denda tilang sebesar Rp500 ribu per hari.

"Jadi jika ada pelanggaran, otomatis itu kita akan tidak tegas," jelas Syafrin.

BERI KOMENTAR