HOME » BERITA » SELAIN PICU KECELAKAAN, BERKENDARA DENGAN LAMPU KABIN MENYALA BISA DITILANG

Selain Picu Kecelakaan, Berkendara dengan Lampu Kabin Menyala Bisa Ditilang

Saat malam hari, pencahayaan dari lampu kendaraan sangat membantu pengemudi. Terkecuali lampu kabin.

Rabu, 28 November 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi berkendara malam hari (cargurus.com)

OTOSIA.COM - Saat malam hari, pencahayaan dari lampu kendaraan sangat membantu pengemudi. Terkecuali lampu kabin.

Mengutip laman resmi Daihatsu Indonesia, selain akan membuat aki mobil boros, berkendara dengan lampu kabin menyala bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sebab, ternyata lampu kabin yang menyala akan mengganggu konsentrasi pengendara mobil yang berada di sekitar. Pandangan pengendara lain harus tertuju pada lampu-lampu petunjuk di jalan raya. Jika lampu kabin mobilmu menyala, konsentrasi pengendara lain akan beralih pada bagian mobilmu yang terang.

Parahnya, tindakan menyalakan lampu kabin saat berkendara bisa berpotensi ditilang polisi. Menyalakan lampu kabin sama saja melanggar aturan yang diklaim dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Menurut sumber yang sama, dengan tidak menyalakan lampu kabin mobil di sepanjang perjalanan, Otolovers turut menjadi pelopor keamanan di jalan raya.

Selain itu, alasan lain mengapa berkendara saat malam hari tidak diperkenankan menyalakan lampu kabin adalah untuk meningkatkan pengelihatan pengendara.

Sebab, jika lampu kabin menyala, pupil akan mengecil dan menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit. Jika di saat yang bersamaan ada mobil yang begitu gelap, maka kemampuan pengelihatan akan terganggu.

Maka itu, lampu kabin mobil yang dimatikan akan membuat pupil matamu menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya di luar mobil. Prinsip sederhana ini bisa menyelamatkan nyawa.

Terakhir, tentu Otolovers tak ingin pengendara mobil lain mengetahui aktivitasmu di dalam mobil kan? Maka untuk menjaga privasimu, lampu kabin lebih baik dimatikan.

Hal itu juga bisa menghindarkanmu dari aksi kejahatan seperti begal. Karena penjahat akan mudah mengetahui isi mobilmu jika lampunya menyala.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR