HOME » BERITA » SELAIN TIGUAN, KELAK VW MODEL LAIN DIBIKIN DI CIKAMPEK

Selain Tiguan, Kelak VW Model Lain Dibikin di Cikampek

Setelah Tiguan Allspace, PT Garuda Mataram Motor menyatakan pabrik mereka di Cikampek juga disiapkan untuk memproduksi model-model lainnya

Jum'at, 04 Oktober 2019 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Selain Tiguan, Kelak VW Model Lain Dibikin di Cikampek
VW Tiguan Allspace (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - PT Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Audi dan Volkswagen di Indonesia telah resmi mengumumkan salah satu model mereka Tiguan Allspace diproduksi di Indonesia.

Pembuatan Tiguan Allspace dilakukan di fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat, melalui anak perusahaan Indomobil lainnya, yaitu, PT National Assemblers. Nantinya penerima unit Tiguan Allspace di Indonesia berasal dari pabrik ini.

Setelah Tiguan Allspace, PT Garuda Mataram Motor menyatakan pabrik mereka di Cikampek juga disiapkan untuk memproduksi model-model lainnya. Artinya kapasitas produksi 6.000 unit setahun untuk Tiguan Allspace dapat ditingkatkan lagi untuk model lain.

"(Produksinya) akan bertambah, 6.000 tiguan dulu, tapi bisa ditingkatkan. Saya tidak bisa bicara dulu tipe apa lagi yang bisa diassembling. Kapasitasnya cukup besar, sehingga juga akan kita siapkan untuk model-model lain. Modelnya apa saja? Kita lihat nanti," kata Jonas Cendhana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor.

1 dari 2 Halaman

Sudah Produksi VW Golf

Selain Tiguan, Kelak VW Model Lain Dibikin di CikampekSudah Produksi VW Golf

Sebenarnya sejak menjadi agen pemegang merek dan importir dari mobil penumpang merek Volkswagen tahun 2008, PT Garuda Mataram Motor telah memproduksi secara SKD (Semi Knocked Down) di Indonesia, seperti VW Touran dan VW Golf.

Tahun 2019 merupakan debut pertama kali Volkswagen diproduksi secara MKD (medium knocked down) di Indonesia dengan fokus pada satu model, yaitu VW Tiguan Allspace LWB (Long Wheel Base).

?Kita pernah buat Touran. Yang sekarang fasilitas produksi berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi. Pabrik ini diharapkan akan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahun, dengan fokus pertama pada Volkswagen Tiguan Allspace. Kalau kualitasnya, ini sudah standard principal, sama seperti yang di pabrik Volkswagen AG Jerman maupun di Indonesia. Jadi model lain tinggal menunggu saja,? ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Harga Jadi Lebih Murah

Selain Tiguan, Kelak VW Model Lain Dibikin di CikampekHarga Jadi Lebih Murah

Dengan diproduksi di Cikampek diharapkan harga VW yang dijual di Indonesia menjadi lebih murah dan dapat bersaing dengan merek lain. ?Kami sengaja memproduksi Volkswagen di Indonesia sehingga lebih banyak orang dapat memiliki mobil merek Volkswagen karena dengan diproduksi di Indonesia harga menjadi lebih kompetitif,? kata Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor.

Saat ini VW memasarkan sejumlah model di Indonesia, termurah adalah Polo, yang dijual Rp265 - Rp308 juta. Sedangkan termahal yang dijual di Indonesia adalah VW Caravelle yang dibanderol Rp1,72 - Rp1,84 miliar.

Lalu Volkswagen Golf Rp600 juta, Scirocco Rp590 - Rp880 juta, Tiguan Rp630 - Rp650 juta, dan terbaru Tiguan Allspace Rp598 Juta.

BERI KOMENTAR