HOME » BERITA » SELAMA DI RUMAH, SAATNYA MERAWAT RANTAI SEPEDA MOTOR

Selama di Rumah, Saatnya Merawat Rantai Sepeda Motor

Merawat dan menjaga kebersihan rantai roda perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Selasa, 14 April 2020 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Selama di Rumah, Saatnya Merawat Rantai Sepeda Motor
Ilustrasi melumasi rantai sepeda motor (Istimewa)

OTOSIA.COM - Selama di rumah banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah merawat rantai sepeda motor pada tipe cub dan sport. Rantai sepeda motor punya fungsi penting karena meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang sepeda motor, sehingga sepeda motor dapat berjalan.

Perawatan memerlukan beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.Lakukan pemeriksaan jarak main bebas rantai roda secara berkala, karena bisa saja rantai terlalu kendur atau malah terlalu kencang.

"Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala," terang Ade Rohman Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Kondisi rantai yang kurang baik seperti rantai putus atau rantai lepas dapat menyebabkan beberapa risiko, salah satunya kecelakaan.

Untuk menjaga serta merawat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan maka perlu melakukan beberapa hal. Berikut tipsnya:

1 dari 2 Halaman

1. Selalu memberikan pelumas pada rantai roda. Tujuannya agar tetap awet. Pelumas rantai roda ini berfungsi untuk membuat rantai motor selalu basah hingga ke celah mata rantai.

Selain itu, pelumas juga membantu membersihkan rantai motor dari kotoran maupun debu yang menempel pada rantai.

Jangan memberikan pelumas rantai dengan oli bekas, karena akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet.

"Lebih baik menggunakan chain lube khusus, jika menggunakan sepeda motor Honda bisa memakai pelumas rantai AHM Chain Lube 70ML," imbuh Ade.

 

2 dari 2 Halaman

2. Bersihkan rantai motor secara rutin, terutama jika sering digunakan pada cuaca hujan maupun panas. Hal itu memungkinkan rantai menjadi kotor dan berdebu.

Pastikan untuk selalu rutin membersihkan agar rantai motor menjadi lebih awet dan performanya tetap terjaga.

3. Gunakan rantai dan gear asli yang sesuaikan dengan spesifikasi pabrikan sepeda motor, karena pabrikan telah menghitung rasio gigi mesin dan dengan reduksi akhir pada roda penggerak.

Jika rantai motor yang digunakan tidak sesuai akan sangat mempengaruhi kualitas handling.

 

BERI KOMENTAR