HOME » BERITA » SELAMA WORK FROM HOME, SAATNYA MERAWAT RIDING GEAR

Selama Work From Home, Saatnya Merawat Riding Gear

Dalam kondisi Work From Home (WFH), bikers dapat merawat riding gear sendiri untuk mengisi waktu selama di rumah

Senin, 13 April 2020 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Selama Work From Home, Saatnya Merawat Riding Gear
Ilustrasi merawat riding gear sendiri di rumah (Istimewa)

OTOSIA.COM - Pandemi virus Corona membuat sebagian masyarakat melakukan pekerjaannya dari rumah. Namun, selama menjalankan work from home (WFH) tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan kegiatan lain. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di rumah adalah membersihkan riding gear, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.

"Banyak pengendara sepeda motor langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya seperti jaket, helm, sarung tangan dan bahkan ada yang menyimpan di tempat yang tidak semestinya," buka Ludhy Kusuma sebagai Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Padahal kondisi demikian berisiko merusak, karena keringat masih menempel di permukaan lapisan kulit riding gear. Terutama pada saat kondisi hujan, sehingga membuat riding gear menjadi basah.

1 dari 3 Halaman

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat riding gear:

1. Saat tiba di rumah riding gear seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan di simpan di ruangan yang terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup. Tujuannya, agar menjaga kondisi ruangan tetap hangat yang membantu riding gear tersebut cepat kering.

Namun jika kondisi riding gear tersebut cukup kering, bersihkan dengan menggunakan lap.

2 dari 3 Halaman

2. Untuk helm sebaiknya di lap dan dibersihkan dahulu terutama bagian kaca agar tidak ada kotoran yang menempel, karena pada akhirnya kotoran dapat menyebabkan kaca berjamur.

?Untuk bagian dalam dari helm yang bisa dibuka sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara,? imbuh Ludhy.

3. Seluruh riding gear seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu tetap dijaga kelembabannya. Tujuannya agar riding gear tidak cepat rusak seperti terkelupas karena terlalu kering atau terlalu lembab. Kondisi lembab juga mengakibatkan timbulnya jamur atau bakteri.

3 dari 3 Halaman

4. Disarankan menggunakan pengharum khusus riding gear untuk tetap menjaga kondisi kelembapan permukaan dari riding gear tersebut.

5. Secara rutin membersihkan jika mulai terlihat ada debu dan kotoran yang menempel serta memberikan pengharum yang biasa digunakan agar kondisi riding gear seperti helm, jaket, sarung sangan, sepatu dapat selalu nyaman dikenakan.

6. Jika diperlukan, silakan menggunakan cairan Disinfektan dengan cara dilap ke bagian-bagian yang dirasa sering disentuh dan terlihat kotor.

?Hal ini juga perlu dilakukan secara rutin terutama untuk jaket, sarung tangan, dan sepatu dengan bahan kulit agar kondisinya tetap nyaman digunakan,? pungkasnya.

 

BERI KOMENTAR