HOME » BERITA » SELAMAT TINGGAL REM TANGAN MANUAL

Selamat Tinggal Rem Tangan Manual

Jum'at, 21 September 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Zing

OTOSIA.COM - Inovasi komponen otomotif terus berkembang. Salah satunya untuk rem tangan. Rem tangan yang biasanya ditarik secara manual, perlahan mulai digantikan oleh sistem rem elektrik.

Diberitakan Zing, survei yang dilakukan CarGuru menyebutkan bahwa mobil baru yang menggunakan rem tangan di Inggris hanya terjual 37%. Hanya Dacia dan Suzuki yang masih menggunakan rem tangan yang terjual.

Sementara mobil merek mewah, seperti Audi, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mercedes dan Porsche, sudah tak lagi menggunakan rem tangan untuk setiap produknya.

Lalu, berarti rem elektronik lebih baik daripada rem tangan?

Faktanya, iya. Rem elektronik bekerja menggunakan 2 motor kecil yang terhubung dengan rem belakang. Pengoperasiannya pun tak butuh usaha banyak dan tak butuh pengaturan seperti rem tangan konvensional. Selain itu juga membuat kabin semakin lega, karena posisi rem tangan yang berada di tengah dialihfungsikan menjadi hand-rest.

Foto by Zing

Kebanyakan rem elektrik akan melepaskan dirinya ketika mobil bergerak. Berbeda dengan rem tangan yang harus dilepaskan secara manual. Secara umum, rem elektrik pun memiliki keuntungan lebih daripada rem tangan konvensional. Terlebih membantu meminimalkan risiko dan benturan yang tak diinginkan.

"Rem tangan mulai punah seiring dengan pabrikan yang lebih memilih rem elektrik. Beberapa tahun mendatang, jumlah kendaraan yang menggunakan rem tangan akan menurun taam dan akan kemungkinan hanya akan ada pada model mobil murah," jelas pihak CarGuru, Chris Knapman.

Foto by Zing

Tentu saja, sejarah rem tangan pada mobil tak bisa ditolak begitu saja. Pada pasar menengah ke atas, yang mana merupakan pasar bagi mobil mewah, rem tangan masih menjadi pilihan karena biayanya yang murah dan proses pabrikan yang belum komplit untuk membuat rem elektrik.

Rem elektrik biasanya memang ditemukan pada mobil mewah premium yang terletak di dashboard. Pada dasarnya, rem elektrik benar-benar otomatis. Rem pun didesain untuk mengantisipasi jika pengemudi lupa menarik dan melepaskan rem tangan, demi keamanan pengemudi dan mobil itu sendiri.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR