HOME » BERITA » SELESAI PAKAI MOBIL DIESEL JALAN JAUH, WAJIB PERIKSA FILTER SOLAR

Selesai Pakai Mobil Diesel Jalan Jauh, Wajib Periksa Filter Solar

Mobil bermesin diesel yang terkenal dengan ketangguhannya, memang menyenangkan untuk diajak jalan jauh. Tapi sayangnya, tak semua daerah di Indonesia menyediakan bahan bakar diesel yang berkualitas.

Rabu, 19 Juni 2019 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Selesai Pakai Mobil Diesel Jalan Jauh, Wajib Periksa Filter Solar
Ilustrasi filter bahan bakar (abemidas.co.za)

OTOSIA.COM - Mobil bermesin diesel yang terkenal dengan ketangguhannya, memang menyenangkan untuk diajak jalan jauh. Apalagi soal konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit, bisa memangkas biaya akomodasi.

Tapi sayangnya, tak semua daerah di Indonesia menyediakan bahan bakar diesel yang berkualitas. Hal itu bisa berpengaruh terhadap daya konsumsi bahan bakar mobil.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, sebenarnya dalam kondisi yang sifatnya darurat tidak masalah mangisi solar di bawah standar. Hanya saja, begitu menemukan tempat yang menjual solar yang berkualitas, lebih baik harus segera diisi.

"Pasti tenaga akan turun, tapi mengingat darurat maka tidak ada pilihan lain. Kalau ketemu dengan SPBU yang jual solar lebih baik jangna ditunda untuk langsung mengisi kembali," ucap Suparna, seperti dilansir laman resmi Auto2000.

1 dari 1 Halaman

Ganti Baru

Selesai Pakai Mobil Diesel Jalan Jauh, Wajib Periksa Filter SolarGanti Baru

Tak hanya itu, Suparna juga mengingatkan khusus pemilik mobil diesel terutama Toyota, untuk selalu rutin mengganti filter secara rutin. Contoh, saat kembali ke kota, setelah menempuh perjalanan mudik, baiknya langsung melakukan perawatan dan mengganti filter solar agar saluran bahan bakar terhindar dari sulfur yang mengendap. 

Apalagi saat perjalanan menuju daerah, mobil terpaksa menenggak solar yang notabene tidak dianjurkan oleh pabrikan karena faktor ketidaktersediaan. Nah supaya aman, jadi filter solar harus langsung diganti kembali dengan yang baru. 

"Ganti filter solar itu biasanya 10.000 km, tapi karena selama perjalanan BBM yang diisi bisa dibilang tidak berkualitas, saat balik meski jarak tempuh mobil belum sampai waktu yang ditentukan baiknya tetap diganti," tegasnya. 

Bukan hanya filter solar, yang tak kalah penting pada mobil diesel adalah filter air atau water sedimenter. Sesuai nama, fungsi filter yang satu ini adalah untuk memisahkan kandungan air yang terdapat pada solar yang ditenggak. 

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR