HOME » BERITA » SELISIH RP2 JUTAAN, PILIH ERTIGA GA MT ATAU NEW AVANZA 1.3 E MT?

Selisih Rp2 Jutaan, Pilih Ertiga GA MT atau New Avanza 1.3 E MT?

Kamis, 17 Januari 2019 12:45 Editor : Cornelius Candra
Toyota New Avanza vs Suzuki Ertiga (Istimewa)

OTOSIA.COM - Pada Selasa (15/1) lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi merilis Toyota New Avanza 2019. Terlahir sebagai MPV, mobil ini bersaing dengan Suzuki Ertiga.

Harga keduanya pun tak berbeda jauh, terlebih pada varian terendahnya. Toyota New Avanza 1.3 E MT dibanderol Rp191,1 juta, Rp2 jutaan lebih murah dari Suzuki Ertiga GA MT, Rp193 juta.

Toyota New Avanza

Dengan selisih yang tak terlalu jauh, Otolovers pilih mana? Simak baik-baik perbandingannya.

Mengenai desain, kami serahkan ke selera Otolovers. Yang jelas, secara eksterior, 2 mobil tersebut menawarkan konsep dan fitur berbeda.

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga GA MT dibekali projector headlight dan grile krom. Hanya saja, varian terendah ini tidak dilengkapi dengan lampu kabut.

Sementara itu, Toyota New Avanza 1.3 E MT mengandalkan LED headlight dan sepasang foglamp di bawahnya. Namun, gril mobil baru ini berwarna hitam dengan kisi-kisi lebar.

Toyota New Avanza

Bagian belakang keduanya sebenarnya tak jauh berbeda. Baik Toyota New Avanza 1.3 E MT maupun Suzuki Ertiga GA MT sama-sama dibekali taillight bohlam dengan desain cenderung kotak.

Mengenai fitur di dalam kabin, tak ada perbedaan yang mencolok antara Toyota New Avanza 1.3 E MT dan Suzuki Ertiga GA MT. Keduanya sama-sama tidak dibekali head-unit display touchscren dan memiliki instrumen panel analog dengan mid digital.

Suzuki Ertiga

Hanya saja, pihak Toyota telah menyematkan AC dengan display digital pada Toyota New Avanza 1.3 E MT, sedangkan milik Suzuki Ertiga GA MT masih analog.

Jika dimensi besar adalah keunggulan, jelas Suzuki Ertiga GA MT jelas pemenangnya, dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, dan jarak sumbu roda 2.740 mm.

Interior Toyota New Avanza

Toyota New Avanza 1.3 E MT memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya juga lebih pendek, 2.655 mm.

Kapasitas dapur pacu yang lebih besar juga menjadi keunggulan Suzuki Ertiga GA MT. Mobil ini mendapat asupan tenaga sebesar 103,2 dengan torsi 138 Nm dari mesin 4-silinder 1.462cc.

Interior Suzuki Ertiga

Sedangkan Toyota New Avanza 1.3 MT mengandalkan mesin 4-silinder 1.329cc. jantung penggerak tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 hp dan torsi maksimumnya mencapai 120 Nm.

Dapur pacu Toyota New Avanza 1.3 E MT dan Suzuki Ertiga GA MT sama-sama dikawinkan dengan tranmisi manual 5-percepatan. Keduanya juga memiliki pilihan transmisi otomatis dengan harga yang berbeda.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR