HOME » BERITA » SELISIH RP20 JUTAAN, PILIH SUZUKI BALENO ATAU HONDA JAZZ?

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz?

Suzuki Baleno tipe otomatis Rp20 jutaan lebih murah dari Honda Jazz dengan transmisi yang sama, pilih mana?

Sabtu, 21 Desember 2019 12:15 Editor : Cornelius Candra
Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz?
Suzuki Baleno facelift (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Jumat kemarin (20/12), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi merilis Suzuki Baleno facelift. Peluncuran mobil ini tak terlepas dari memikat konsumen di segmen city car hatchback.

Lantaran mendapat beberapa ubahan, harga Suzuki Baleno naik Rp7-10 jutaan, menjadi Rp221 juta untuk tipe transmisi manual dan otomatis Rp233,5 juta (OTR Jakarta).

Nominal tersebut jauh lebih murah dibanding Honda Jazz yang dibanderol mulai Rp244,8-286,6 juta. Di tipe otomatis, harga mobil ini mencapai Rp255,1 juta.

Dengan selisih Rp21,6 juta, lebih baik meminang Honda Jazz atau Suzuki Baleno? Berikut komparasinya:

1 dari 8 Halaman

Desain

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz?Desain

Untuk masalah desain kami serahkan ke selera Otolovers. Yang jelas baik Honda Jazz maupun Suzuki Baleno sama-sama terlahir sebagai city car hatchback.

Hanya saja, lengkungan Honda Jazz dari depan sampai belakang tampak lebih menyambung. Sedangkan Suzuki Baleno memiliki kap depan yang cenderung panjang dan tegas.

2 dari 8 Halaman

Fitur

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz?Fitur

Di eksterior, Suzuki Baleno memiliki LED projector headlight. Sedangkan lampu utama Honda Jazz menggunakan LED bar. Kedua mobil ini pun telah dilengkapi dengan LED DRL.

Masuk ke kabin, Honda Jazz dan Suzuki Baleno sama-sama dibekali head-unit touchscreen yang dapat terhubung ke smartphone. Keduanya pun menggunakan sistem keyless ignition.

3 dari 8 Halaman

Kepraktisan

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz? Kepraktisan

Terlahir sebagai city car hatchback, Suzuki Baleno dan Honda Jazz sama-sama memiliki konfigurasi 5-seater. Selain itu, terdapat beberapa laci penyimpanan di pintu dan dashaboard.

Di bagian belakang tersisa ruang yang tak terlalu luas untuk bagasi. Jika dirasa masih kurang, baris belakang kedua mobil tersebut dapat dilipat dengan pembagian 60:40.

4 dari 8 Halaman

Keselamatan

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz? Keselamatan

Tak terlalu banyak perbedaan pada fitur keselamatan mobil ini. Baik Honda Jazz dan Suzuki Baleno sama-sama telah dibekali dengan dual-SRS airbag di kabin depan.

Selain itu, terpasang sistem pengereman ABS+EBD. Untuk urusan keamanan, keduanya telah menggunakan smartkey dan immobilizer yang terintegrasi dengan alarm, serta speed-sensing auto-door lock.

5 dari 8 Halaman

Dimensi

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz? Dimensi

Suzuki Baleno memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm. Jarak antar sumbu rodanya mencapai 2.520 mm dengan ground clearance 170 mm.

Sedangkan panjang Honda Jazz mencapai 3.955 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm. Sementara itu, mobil ini memiliki jarak antar sumbu roda 2.530 mm dengan ground clearance 165 mm.

6 dari 8 Halaman

Performa

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz?Performa

Untuk urusan performa, Suzuki Baleno mengandalkan mesin K14B 4-silinder inline 1.373 cc DOHC. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 92,4 ps dan torsi 130 Nm.

Sementara itu, Honda Jazz mendapat asupan tenaga sebesar 120 ps dan torsi 145 Nm. Performa tersebut dihasilkan oleh dapur pacu 4-silinder inline 1.497 cc SOHC.

7 dari 8 Halaman

Kaki-Kaki

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz? Kaki-Kaki

Geser ke kaki-kaki, Honda Jazz dan Suzuki Baleno menggunakan suspensi depan MacPherson Strut serta Torsion Beam di belakang. Hanya saja, ukuran ban keduanya berbeda.

Honda Jazz dibekali velg 15 inci berbalut ban 175/65 R15. Sedangkan Suzuki Baleno ditopang velg 16 inci dan ban berukuran 195/55 R16.

8 dari 8 Halaman

Simpulan

Selisih Rp20 Jutaan, Pilih Suzuki Baleno atau Honda Jazz? Simpulan

Sekarang pilihan kami kembalikan ke Otolovers. Jika yang dicari adalah performa, di atas kertas, tentu Honda Jazz adalah jawaban paling tepat.

Namun, jika harga murah adalah suatu keunggulan, tentu kami menyarankan Suzuki Baleno. Selisih Rp20 jutaan tersebut bisa digunakan untuk modifikasi minor, baik di interior maupun eksteriornya.

BERI KOMENTAR