HOME » BERITA » SELISIH RP400 RIBU, PILIH NEW SUZUKI IGNIS TERMAHAL ATAU HONDA BRIO RS CVT?

Selisih Rp400 Ribu, Pilih New Suzuki Ignis Termahal atau Honda Brio RS CVT?

New Suzuki Ignis GX AGS hanya Rp400 ribu lebih mahal dari Honda Brio RS CVT. Piliih yang mana?

Senin, 13 April 2020 19:15 Editor : Cornelius Candra
Selisih Rp400 Ribu, Pilih New Suzuki Ignis Termahal atau Honda Brio RS CVT?
New Suzuki Ignis (Suzuki)

OTOSIA.COM - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah resmi merilis New Suzuki Ignis secara virtual pada pekan lalu (9/4). Hanya saja, perubahan pada city car hatchback ini tak terlalu signifikan.

Bagian eksteriornya kini lebih kental dengan nuansa SUV. Itu tak terlepas dari desain bumper depan dan belakangnya yang mirip dengan skid-plate, serta penggunaan roof-rail di atapnya.

Meski demikian, New Suzuki Ignis tetap mengalami kenaikan harga. Kini, city car berkonsep SUV itu dibanderol mulai Rp171 juta di tipe terendah, sedangkan yang tertinggi mencapai Rp200 juta (OTR Jakarta).

Dengan banderol Rp200 juta untuk tipe tertingginya, New Suzuki Ignis GX AGS Rp600 juta lebih mahal dibanding rivalnya, Honda Brio RS CVT, tepatnya Rp199,6 juta. Lantas, siapa yang terbaik antara keduanya?

1 dari 4 Halaman

Desain

Mengenai desain, kami serahkan ke selera Otolovers. Yang jelas, Honda Brio RS CVT dan New Suzuki Ignis mengusung konsep yang berbeda meski sama-sama mengisi kelas city-car hatchback 5-seater.

Honda Brio RS CVT terkesan lebih sporty berkat ground clearance 160 mm, dan dihiasi body-kit. Sedangkan New Suzuki Ignis terlahir dengan konsep Urban SUV sehingga jarak terendahnya ke tanah mencapai 180 mm.

2 dari 4 Halaman

Fitur

Untuk urusan fitur, keduanya tak jauh berbeda. Baik Honda Brio RS CVT maupun New Suzuki Ignis GX AGS sama-sama dibekali dengan head-unit display touchscreen yang dapat terhubung dengan smartphone.

Lingkar kemudi keduanya pun hanya bisa diatur naik turun atau tilt dan belum teleskopik. Instrumen panel Honda Brio RS CVT dan New Suzuki Ignis GX AGS pun masih memadukan indikator analog dan MID digital kecil.

3 dari 4 Halaman

Mesin

Performa Honda Brio RS CVT bisa dibilang sedikit lebih unggul. City car ini mendapat asupan tenaga sebesar 90 PS dan torsi 110 Nm dari mesin i-VTEC 4-silinder inline 1.200 cc SOHC.

Tapi, mesin 4-silinder inline 1.200 cc SOHC New Suzuki Ignis GX AGS menghasilkan torsi yang sedikit lebih besar, tepatnya 113 Nm. Memang, tenaganya hanya 83 ps atau 7 ps di bawah Honda Brio RS CVT.

4 dari 4 Halaman

Simpulan

Sekarang pilihan kami kembalikan ke Otolovers. Secara harga, Honda Brio RS CVT serta New Suzuki Ignis GX AGSmemiliki value-for-money yang sama-sama baik, begitu pula di sektor performa dan fitur.

Tapi, jika Otolovers cenderung menyukai SUV, jelas New Suzuki Ignis adalah jawabannya. Namun, kesan sporty yang dimunculkan Honda Brio RS CVT tetap layak untuk dipertimbangkan.

BERI KOMENTAR