HOME » BERITA » SELISIH RP800 RIBUAN, PILIH NEW TOYOTA AGYA TRD ATAU HONDA BRIO SATYA E CVT?

Selisih Rp800 Ribuan, Pilih New Toyota Agya TRD atau Honda Brio Satya E CVT?

Harga New Toyota Agya TRD Rp800 ribuan lebih murah dibanding Honda Brio Satya E CVT, Otolovers pilih mana?

Kamis, 19 Maret 2020 13:45 Editor : Cornelius Candra
Selisih Rp800 Ribuan, Pilih New Toyota Agya TRD atau Honda Brio Satya E CVT?
New Toyota Agya TRD (TAM)

OTOSIA.COM - Hari ini (19/3), PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap merilis New Toyota Agya. Hanya saja, kembaran Daihatsu Ayla ini diluncurkan secara virtual, melalui Youtube ToyotaIndonesia, lantaran pandemi Covid-19 atau virus corona di Indonesia.

Yang menjadi perhatian ialah harga New Toyota Agya TRD sebagai varian tertinggi, mencapai Rp169,29 juta. Nominal tersebut Rp810 ribu lebih murah dibanding Honda Brio Satya E CVT yang dibanderol Rp170,1 juta. Lantas, siapa yang lebih unggul?

1 dari 5 Halaman

Soal tampilan, kami serahkan ke selera Otolovers. Yang jelas, New Toyota Agya TRD sekarang tampil lebih sporty dibanding model sebelumnya berkat gril dan rumah foglamp baru. Selain itu, terpasang juga LED taillight dan velg yang didesain ulang.

Sedangkan keunggulan Honda Brio Satya E CVT adalah bentuk bodinya yang sama seperti varian RS. Meski demikian, tentu ada beberapa perbedaan, seperti body-kit dan roof-spoiler.

2 dari 5 Halaman

Di segi fitur, bisa dibilang New Toyota Agya TRD lebih unggul. Pasalnya, mobil ini sekarang memiliki head-unit display touchscreen. Spionnya pun sudah auto-folding dan lampu depannya menggunakan proyektor, meski masih bohlam halogen.

Sementara itu, Honda Brio Satya E CVT yang harganya lebih tinggi masih menggunakan head-unit 2DIN serta spionnya belum retractable sehingga harus ditekuk secara manual.

3 dari 5 Halaman

Tak ada perbedaan antara kaki-kaki New Toyota Agya TRD dengan Honda Brio Satya E CVT. Masing-masing menggunakan velg aluminium 14 inci yang dibalut ban 175/65 R14.

Keduanya pun memiliki sistem pengereman yang sama, ventilated-disc brake di depan dan belakang dikawal drum-brake atau rem tromol.

4 dari 5 Halaman

Untuk urusan performa, bisa dibilang Honda Brio E CVT sedikit lebih unggul. Mesin 4-silinder 1.199 cc SOHC pada mobil ini menghasilkan tenaga sebesar 90 ps dengan torsi maksimum 110 Nm.

Sedangkan New Toyota Agya TRD mengandalkan dapur pacu 4-silinder inline 1.197 DOHC. Hanya saja, tenaga yang dihasilkan sedikit lebih kecil, hanya 88 ps dan torsi maksimumnya mencapai 108 Nm.

5 dari 5 Halaman

Sekarang pilihan kami kembalikan ke Otolovers. Baik New Toyota Agya TRD dan Honda Brio E CVT sama-sama terlahir sebagai mobil LCGC dengan pajak yang cenderung rendah.

Hanya saja, berkat penyegaran yang dilakukan, terdapat beberapa fitur New Toyota Agya TRD yang tak dimiliki oleh Honda Brio E CVT, seperti projector-headlight dan head-unit display touchscreen.

BERI KOMENTAR