HOME » BERITA » SEMBARANGAN PASANG LAMPU KENDARAAN, BISA DIPENJARA 2 BULAN

Sembarangan Pasang Lampu Kendaraan, Bisa Dipenjara 2 Bulan

Rabu, 05 Desember 2018 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi penggunaan lampu HID (xenonlightshid)

OTOSIA.COM - Mengganti lampu kendaraan bermotor, baik roda dua atau roda empat sudah biasa. Tapi, tak bisa sembarangan, meskipun hati inginnya mengganti lampu yang tidak standar.

Jika nekat mengganti lampu kendaraan tak sesuai aturan, artinya sudah siap untuk menerima sanksi. Sebab lampu yang tak sesuai bisa mengganggu pengendara lain.

Melansir akun instagram @polisi_indonesia, lampu kendaraan yang menyilaukan bisa didenda Rp 500 ribu atau kurungan dua bulan.

"Peringatan bagi para pengendara mobil dan sepeda motor yang mengganti lampu depan kendaraan yang mengeluarkan sinar berwarna putih terang berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas," tulis akun @polisi_indonesia pada keterangan foto yang diunggah di akun instagramnya.

Selain warna putih silau, warna lampu rem belakang dari warna merah menjadi putih atau transparan atau LED, selain membuat silau dan dapat membahayakan pengendara lain.

Jika masih ada pengendara yang nekat menggunakan lampu yang dapat membahayakan, kepolisian akan menindak dengan memberikan surat tilang dengan denda maksimal.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR