HOME » BERITA » SEMPAT ANJLOK, PASAR PELUMAS DALAM NEGERI MULAI BANGKIT

Sempat Anjlok, Pasar Pelumas Dalam Negeri Mulai Bangkit

Pasar pelumas dalam negeri yang sempat anjlok sejak Maret lalu akibat pandemi COVID-19, kini mulai berangsur-angsur pulih.

Kamis, 23 Juli 2020 09:15 Editor : Nazarudin Ray
Sempat Anjlok, Pasar Pelumas Dalam Negeri Mulai Bangkit
Pelumas Evalube sempat anjlok 20 persen (Istimewa)

OTOSIA.COM - Setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19, pasar pelumas mulai meunjukkan tanda-tanda perbaikan. Indikasi peningkatan pemakaian sudah terasa sejak memasuki bulan Juni 2020. Salah satu produsen pelumas yang merasakan dampak COVID-19 adalah EValube.

Penjualan Evalube dari Januari sampai pertengahan Maret lebih baik dari periode yang sama tahun lalu. Namun memasuki akhir Maret penjualan anjlok hingga 20 persen.

"Mulai Maret akhir agak terganggu, terutama palimg signifikan April sampai Mei. Pencapaian terkoreksi sampai 20%. Tapi ada wilayah yang hanya terkena 10%, ada juga yang tidak. Tergantung masing-masing wilayah," kata Rastianto, Marketing Manager Evalube.

1 dari 3 Halaman

Namun memasuki bulan Juni, lanjut Ivan, penjualan pelumas mengalami kenaikan dibandingkan dua bulan sebelumnya. Bahkan masuk bulan Juli penjualan pelumas sudah mulai kembali normal.

"Masuk bulan Juni sudah membaik. Saya lihat Juli pencapaiannya sudah agak normal. Karena tren dua minggu pertama bulan Juli recoverynya lebih cepat dari yang kita perkirakan. Kami berharap semester kedua Juli-Desember makin membaik," katanya.

Melihat kondisi pasar pelumas mulai berangsur-angsur membaik, Evalube tidak keluar dari strategi yang dicanangkan di tahun sebelumnya. Hanya saja, promosi dan merangkul konsumen lebih digenjot dengan menggunakan platform digital.

 

2 dari 3 Halaman

"Tentunya kami ada beberapa penyesuaian, seperti penguatan digital, melanjutkan kerjasama dengan mitra-mitra strategis kami, yang merupakan bagian distrubusi kami seperti Carfix di Jawa dan Capella di sumatera. Kita tetap menjalankan rencana kerja kita di tahun 2020 yang telah kami canangkan ditahun sebelumnya," kata Direktur Komersial Evalube Yomie Harlin.

Saat ini pelumas Evalube paling banyak diserap oleh sepeda motor, yakni mencapai 70%. Sisanya adalah roda empat dan industri.
Sebelumnya belum lama ini Evalube menyempurnakan pelumasnya dengan formula baru Veltec with Clean Shield, baik untuk sepeda motor maupun mobil.

 

 

 

3 dari 3 Halaman

Formula tersebut diklaim membantu membersihkan dan memberikan perlindungan mesin yang sering dipaksa bekereja keras pada saat kondisi macet.

Selain itu desain kemasan Evalube terbaru hadir dengan identitas yang lebih informatif, lebih simple dan futuristik. Kemasan ini menggambarkan teknologi terdepan dari seluruh varian produk Evalube.

Saat ini Evalube Lubricants tersedia di 30 distributor retail automotf dan 13 distributor commercial industrial di seluruh Indonesia.

BERI KOMENTAR