HOME » BERITA » SEMPAT MEJENG DI GIIAS 2021, INI SPESIFIKASI BAOJUN KIWI EV

Sempat Mejeng di GIIAS 2021, Ini Spesifikasi Baojun Kiwi EV

Baojun Kiwi EV sempat ditampilkan Wuling di GIIAS 2021. Lantaran belum terlalu dikenal publik sebelumnya, bagaimana spesifikasi dari mobil tersebut?

Senin, 29 November 2021 15:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Sempat Mejeng di GIIAS 2021, Ini Spesifikasi Baojun Kiwi EV
Baojun Kiwi EV di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - Pada GIIAS 2021 kemarin Wuling Motors menampilkan mobil listrik mungil. Mobil tersebut adalah Wuling Hongguang Mini EV Makaron dan Baojun Kiwi EV.

Yang kedua belum cukup dikenal, lantaran mobil tersebut tidak ditunjukkan pada saat peluncuran Wuling Center, Jalan Iskandar Muda Kav. 9, Jakarta Selatan. Bahkan mobil tersebut masih mengusung merek asalnya dari China.

1 dari 4 Halaman

Baojun Kiwi EV merupakan mobil yang sama dengan Baojun E300 di negeri tirai bambu. Pada dasarnya mobil tersebut nampak seperti kapsul masa depan, di mana bagian atas mobil terlihat terpisah dengan bagian bawahnya.

Unit yang hadir di GIIAS 2021 menggunakan kombinasi warna hitam yang dipadu dengan aksen-aksen perunggu di sekitar mobil. Bahkan pelek bawaannya pun diberikan aksen warna yang sama.

2 dari 4 Halaman

Interior dan keselamatan

Interior Baojun Kiwi EV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk interior, Baojun Kiwi EV terlihat lebih mewah dibanding Wuling Mini EV. Sebagai contoh, setir dua palang pada mobil itu dilengkapi dengan tombol, jok sudah kulit, speedometer digital terlihat lebih modern, serta bentuk door panel lebih mewah.

Sama halnya dengan Mini EV, Baojun Kiwi EV bisa diisi maksimal empat penumpang. Jika diisi penuh, maka bagasi mobil itu tergolong minim, bahkan bisa dibilang tidak mempunyai bagasi. Namun jika tempat duduk di turunkan, ruang kabin mobil ini menjadi lebih luas.

Peranti keselamatan Baojun Kiwi EV tergolong standar. Mobil listrik kecil ini sudah disematkan Electronic Stability Control (ESC), ABS, EBD, Hydraulic Brake Assist (HBA), dan dual airbags.

3 dari 4 Halaman

Performa dan harga

Sisi belakang Baojun Kiwi EV (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Performa mobil ini datang dari sebuah motor listrik di area belakang mobil. Alat tersebut menyemburkan tenaga sebesar 53.6 hp dan torsi 150 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi synchronous fixed ratio gearbox. Kecepatan maksimum mobil ini berada di 100 km/jam.

Tipe termahal Baojun E300 Plus dilengkapi baterai berukuran 31.9 kWh dengan klaim jarak tempuh mencapai 305 km dalam sekali pengecasan. Waktu pengisian ulang baterai hanya membutuhkan satu jam, jika menggunakan fast charging DC.

4 dari 4 Halaman

Untuk harga, Baojun Kiwi EV dibanderol mulai dari 69.800 CNY atau Rp 157 juta (dengan kurs 1 CNY = 2.253,54), sementara tipe termahal dijual 78.800 CNY atau Rp 177 juta.

Meski masuk dalam platform GSEV, Wuling belum memastikan apakah Baojun Kiwi EV juga akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

"Mini EV yang dibuat pastinya nanti benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Basis GSEV sendiri telah mendapatkan respon yang baik di pasar Tiongkok dan memiliki beragam lini produk," kata Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors, saat ditanyakan mengenai kabar Wuling Mini EV di Indonesia beberapa waktu lalu.

BERI KOMENTAR