HOME » BERITA » SEMPAT TERDAFTAR DI INDONESIA, HONDA E MALAH LEBIH DULU MASUK MALAYSIA

Sempat Terdaftar di Indonesia, Honda e Malah Lebih Dulu Masuk Malaysia

Beberapa waktu lalu paten Honda e sempat didaftarkan pada Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Namun di Malaysia, mobil itu sudah bisa dibeli.

Minggu, 10 Oktober 2021 14:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Sempat Terdaftar di Indonesia, Honda e Malah Lebih Dulu Masuk Malaysia
Honda e di Malaysia (paultan.org)

OTOSIA.COM - Sempat didaftarkan Honda Motor Co., Ltd ke Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Honda e belum juga menunjukkan tanda-tanda bakal meluncur di Indonesia.

Sebelumnya paten Honda e tercatat dalam Desain Industri Kemenkumham dengan nomor permohonan A00201901438. Di Indonesia, Honda e akan berhadap-hadapan dengan Nissan LEAF.

Meski telah lama didaftarkan, Honda e justru lebih dulu dipasarkan di Malaysia. Hanya saja Honda e di Negeri Jiran masuk lewat importir umum Weststar Motors, yang diboyong langsung dari Inggris, karena Honda e tidak dijual di luar Eropa dan Jepang.

1 dari 3 Halaman

Fitur lengkap

Interior Honda e (paultan.org)

Honda e di Malaysia yang didatangkan Weststar Motors dari Inggris  adalah tipe yang punya fitur mumpuni dan komplet.

Secara eksterior tidak ada perbedaan signifikan dari Honda e pada umumnya. Tampilannya terlihat menawan berkat bahasa desain yang memadukan gaya retro dan futuristik, Misalnya, mulai dari lampu depan berbentuk bulat hingga penggunaan pelek jari-jari 10 palang.

Detail-detail lainnya mencakup atap berwarna hitam dan tempat port charger di kap mesin. Ada juga penggunaan sistem kamera untuk spion samping. Dengan kata lain mobil ini sudah tidak memakai spion luar lagi.

2 dari 3 Halaman

Penggunaan layar untuk spion samping (paultan.org)

Interiornya pun masih sama dengan Honda e pada umumnya. Kabin terlihat unik berkat penggunaan 5 layar di bagian dasbor, di antaranya dua layar berukuran 12.3 inci, satu berukuran 8 inci, dan dua layar 6 inci.

Penggunaan banyak layar tersebut bukan tanpa maksud. Honda membuat layar tersebut multi fungsi, mulai dari navigasi, kondisi mobil, data-data berkendara, pengganti spion samping, serta infotainment screen.

Sementara bentuk keseleruhan interior mengadopsi gaya serupa dengan eksteriornya, klasik-futuristik. Bagian kisi-kisi AC sampai tombol pengendalian terlihat seperti mengambil ciri desain era 1980an. Namun konsol tengah tuas transmisi menggunakan tombol dan rem parkir elektrik.

3 dari 3 Halaman

Performa dan harga

Sisi belakang Honda e di Malaysia (paultan.org)

Honda e dibekali satu motor listrik dengan baterai lithium-ion berkapasitas 35.5 kWh. Untuk varian Advance, mobil ini menyemburkan tenaga sebesar 154 PS dengan torsi 315 Nm. Seluruh daya pacu tersebut disalurkan ke roda belakang.

Honda e bisa diklaim sanggup menempuh jarak 220 km dalam sekali pengisian daya. Sementara sistem pengecasannya bisa menerima charger AC Type 2 dan DC CCS2. Saat pengecasan DC, Honda e dapat diisi ulang dari 0-80% dalam waktu 30 menit.

Di Malaysia Honda e dijual 210.000 Ringgit atau Rp 714 juta (dengan kurs 1 Ringgit = Rp 3.400,59). Meski harga terbilang tinggi, Westar Motors berhasil menjual 2 unit pertamanya, dan 1 unit sedang dipesan.

BERI KOMENTAR