HOME » BERITA » SEPEDA MILIK PUTRI DIANA DILELANG, ADA NILAI HISTORIS DI BALIK 'SHAME BIKE' ITU

Sepeda Milik Putri Diana Dilelang, Ada Nilai Historis di Balik 'Shame Bike' Itu

Sepeda milik mendiang Putri Diana yang dimilikinya sebelum menikah dengan Pangeran Charles dilelang. Sepeda yang dijuluki Shame Bike itu diprediksi akan laku Rp 399 juta di pelelangan.

Rabu, 07 April 2021 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Sepeda Milik Putri Diana Dilelang, Ada Nilai Historis di Balik 'Shame Bike' Itu
Putri Diana (welovescycling.com via Autoevolution)

OTOSIA.COM - Penggila sepeda klasik tak bisa melewatkan kesempatan memiliki sepeda milik bangsawan dari Kerajaan Inggris, Putri Diana. Sepeda Raleigh Traveler tahun 1970 milik Putri Diana itu akan dilelang pada akhir bulan ini.

Dilansir dari Autoevolution, sepeda yang dijuluki Shame Bike itu terdaftar di rumah lelang Burstow & Hewett yang berbasis di Sussex. Diperkirakan, sepeda bersejarah itu akan terjual seharga GBP 20.000 atau Rp 399 jutaan (kurs GBP 1 = Rp 19.992).

1 dari 2 Halaman

(c) Burstow & Hewett via Autoevolution

Sepeda itu memiliki nilai historis tersendiri, terlebih jika dikaitkan dengan julukanny, Shame Bike. Dulu kala, saat Diana bertunangan dengan Pangeran Charles, dia diberi tahu bahwa tidak pantas seorang Putri bersepeda di London setelah pernikahan.

Pada saat itu, Diana sudah memiliki sepeda tersebut selama bertahun-tahun dan sering mengendarainya. Saat terus diberitahu penasihat kerajaan, dia pun akhirnya menyerah.

2 dari 2 Halaman

(c) Burstow & Hewett via Autoevolution

Lalu, Diana secara diam-diam menjualnya kepada teman ayahnya. Sepeda itu lantas disimpan teman ayahnya selama 27 tahun.

Pada tahun 2008, dia lantas menjualnya seharga GBP 211 (Rp 4,2 juta). Pada 2018 sepeda itu kembali dilelang dengan harga GBP 9.200 (Rp 183 juta).

Sepeda Traveler itu memiliki ukuran roda 26 inici dengan tiga gigi Sturmey Archer. Sepeda itu dalam kondisi baik, disimpan dan tidak sering dipakai.

BERI KOMENTAR