HOME » BERITA » SEPEDA MOTOR LISTRIK DIRASA LEBIH SIAP DI INDONESIA

Sepeda Motor Listrik Dirasa Lebih Siap di Indonesia

Kadin ingin agar pemerintah mulai fokus pada pengembangan pasar motor listrik di Indonesia.

Rabu, 27 November 2019 07:15 Editor : Cornelius Candra
Sepeda Motor Listrik Dirasa Lebih Siap di Indonesia
Sepeda motor listrik Gesits (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Pemerintah diharap memulai program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dari sepeda motor lantaran dianggap lebih siap secara industri di dalam negeri. Hal itu disampaikan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dalam Liputan6.com.

"Sepeda motor listrik itu teknologinya sudah banyak. Di Tiongkok sudah banyak kembangkan itu. Kenapa tidak dicoba itu dulu?," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Johnny Darmawan, di sela-sela acara Electric Vehicle Indonesia Forum and Exhibition 2019 di Jakarta, Selasa (26/11).

Johnny menyayangkan keberadaan Peraturan Presiden (PP) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang belum merinci terkait pengembangan sepeda motor listrik.

Menurutnya, jika pemerintah memfasilitasi pengadaan sepeda motor listrik dalam suatu kebijakan, dia yakin produksi sepeda motor untuk 5 tahun ke depan bisa mencapai 4 juta unit serta menggantikan posisi sepeda motor konvensional.

1 dari 1 Halaman

Tekan Harga Baterai

Sepeda Motor Listrik Dirasa Lebih Siap di IndonesiaTekan Harga Baterai

Lebih lanjut, Johnny turut menyoroti harga baterai bagi kendaraan bermotor listrik roda empat atau mobil yang masih terlalu tinggi.

Dia menganggap, maraknya penggunaan motor listrik akan ikut menekan harga baterai. Sebab, dengan banyaknya penggunaan sepeda motor listrik, penjualan baterai listrik pun akan terangkat. Sehingga modal akan berputar dan biaya produksi baterai jadi lebih murah.

"Kalau menunggu mobil, mulainya lama, kapan harga baterai akan turun," cibir Johnny.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR