HOME » BERITA » SEPENGGAL SEJARAH KELAHIRAN BUGATTI VEYRON

Sepenggal Sejarah Kelahiran Bugatti Veyron

Sabtu, 12 Agustus 2017 10:15

Sepenggal Sejarah Kelahiran Bugatti Veyron
Foto: Bugatti
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Nama Bugatti begitu populer serta sukses menggeparkan industri otomotif dengan Veyron yang perama kali meluncur pertama kali pada tahun 2005 silam.

Bagaimana tidak, Bugatti Veyron lahir dengan mesin 16 silinder berkonfigurasi W16, berkapasitas 8.0 liter dan dipersenjatai oleh 4 turbo sekaligus, hingga menembus angka 1.000 hp.

Jika dirunut sejarahnya, Bugatti Veyron ini adalah hasil dari angan-angan Ferdinand Pich, yang tak lain adalah cucu Ferdinand Porsche, pendiri merek Porsche.

Pada Mei 1998, Ferdinand Pich yang mengepalai Volkswagen AG (VW) saat itu membeli hak merek Bugatti. Hal pertama yang dilakukan setelah mengakuisisi Bugatti, Pich bertekad untuk menciptakan rekayasa teknis paling mengagumkan dengan membuat mobil bertenaga 1.000 hp yang dapat digunakan di jalan raya.

Saat itu, banyak yang menganggap Pich gila dan tidak yakin mobil semacam itu dapat terwujud, karena hingga awal tahun 2000-an, mobil bertenaga sebesar itu hanya diperoleh melalui mobil balap.

Pada media Oktober 1998 hingga September 1999 berbagai goresan karya rumah desain Giugaro mulai diperkenalkan, yang mana semuanya mengusung teknologi penggerak 4 roda dan dapur pacu VW W18 18 silinder.

Kemudian, mobil-mobil konsep tersebut menjalani berbagai pameran, hingga akhirnya lahirlah konsep Bugatti EB 18/4 Veyron di pameran Tokyo Motor Show.

Mobil konsep tersebut menjelma sebagai Bugatti EB 16/4 di tahun 2000, dengan mengurangi 2 silinder di ruang mesin. Baru pada 2001 VW memberikan lampu hijau penggarapan maha karya Bugatti tersebut.

Tentu dengan proyek sebesar itu, insinyur terbaik yang dikerahkan Bugatti hingga prototipe pertama Veyron baru layak jalan di tahun 2003. Setelah berbagai kendala yang meliputi, Bugatti Veyron resmi lahir pada 2005.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-8-12
detail

BERITA POPULER