HOME » BERITA » SEPERTI APA SIH KRITERIA BAHAN BAKAR YANG DAPAT MELINDUNGI MESIN DENGAN BAIK?

Seperti Apa Sih Kriteria Bahan Bakar yang Dapat Melindungi Mesin dengan Baik?

Cek di sini yuk kriteria bahan bakar yang bisa melindungi mesin kendaraanmu!

Jum'at, 18 Oktober 2019 08:00 Editor : Wuri
(c) shutterstock

OTOSIA.COM - Di tengah mobilitas milenial yang begitu tinggi seperti sekarang ini, performa kendaraan punya peran yang amat penting. Perawatan motor atau mobil yang setiap hari diandalkan buat beraktivitas harus senantiasa dijadikan prioritas dan agenda rutin setiap bulan. Bukankah memiliki kendaraan sendiri sudah menjadi sebuah kebanggaan? Tidak cuma bodi tapi kinerja mesin pun harus selalu diperhatikan agar performanya tetap maksimal.

Maka dari itu biar awet dan tahan lama kendaraan harus selalu rutin diservis. Selain itu, yang kadang masih suka disepelekan adalah sembarangan dalam memilih bahan bakar. Lalu bagaimana sebenarnya kriteria bahan bakar yang baik dan dapat melindungi mesin kendaraan?

Punya Bilangan Oktan yang Tinggi

Angka oktan merupakan suatu bilangan yang menunjukkan sifat anti ketukan atau denotasi. Dengan kata lain, semakin tinggi bilangan oktannya maka bakal makin berkurang juga intensitas terjadi denotasi. Efeknya, bahan bakar dan udara dapat terkompresikan dengan baik sehingga tenaga yang dihasilkan kendaraan jadi lebih besar, tapi konsumsi bahan bakarnya tetap lebih hemat.

Bisa Terbakar dengan Sempurna

Proses pembakaran juga punya peranan penting untuk menjaga kualitas performa mesin. Bahan bakar yang baik punya kecenderungan mudah menguap dan gampang tercampur dengan udara ketika masuk ke silinder. Apabila motor atau mobil masih menghasilkan emisi, itu tanda jika proses pembakaran masih tidak sempurna yang jika dibiarkan dapat menurunkan kualitas mesin. Selain itu, akan berbahaya juga bila sampai masuk ke paru-paru.

Hasil Pembakarannya Bersih

Selain itu, kestabilan kandungan kimia dalam bahan bakar juga penting karena memiliki kaitan dengan sistem pembakaran dan sistem saluran. Pada temperatur yang tinggi, bahan bakar dapat memunculkan polimer yang berupa endapan atau kotoran dan punya pengaruh negatif pada sistem saluran seperti katup-katup serta saluran bahan bakar. Gangguan proses pembakaran seperti itu dapat menyebabkan munculnya korosi yang diakibatkan oleh beberapa senyawa seperti belerang, nitrogen, atau oksigen. Bila dibiarkan terus-menerus, dalam jangka panjang bisa jadi awal kerusakan mesin.

Kalau sudah tahu betapa pentingnya beberapa poin di atas agar kinerja mesin tetap maksimal, kini saatnya lebih cermat lagi dalam memilih bahan bakar. Yuk kenalan dulu sama teknologi ACTIVE yang merupakan teknologi inovatif dari BP. Formula spesialnya dapat membantu melindungi mesin dari penumpukan kotoran dan menjaga performa mesin tetap maksimal.

Formula spesial teknologi ACTIVE yang dipersembahkan oleh BP ini handal dalam membantu melindungi mesin kendaraan dari penumpukan kotoran. Ada jutaan molekul aktif yang menempel pada permukaan logam mesin dan ampuh untuk memperlambat pembentukan kotoran pada katup. Molekul tersebut juga mengalir melalui sistem bahan bakar kendaraan dan membentuk lapisan pelindung untuk melindungi mesin kendaraan dari kotoran dan menjaga performanya tetap awet dan tahan lama.

Bahan bakar BP juga telah diuji secara ketat sehingga penggunaan berkelanjutan dipastikan dapat membantu mesin mobil atau sepeda motor berfungsi dengan baik, awet, dan tahan lama. Cari tahu lebih lanjut tentang bahan bakar BP dengan klik di sini yuk.

(kpl/zki)