HOME » BERITA » SEPERTI INI MOTOR SPORT FAIRING PERTAMA YAMAHA DI INDONESIA

Seperti Ini Motor Sport Fairing Pertama Yamaha di Indonesia

Rabu, 20 September 2017 08:15

Seperti Ini Motor Sport Fairing Pertama Yamaha di Indonesia
Foto: Kaskus
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Untuk motor sport fairing, Yamaha era sekarang ini dikenal dengan YZF-R15 yang sudah mengalami beberapa kali upgrade baik segi teknis maupun tampilan. Selain itu, ada juga Yamaha YZF-R25 dan sederet moge sport lainnya.

Terlepas dari populernya motor sport fairing Yamaha tersebut, sebenarnya kalau ditelisik lebih jauh ke sejarahnya, sebenarnya seperti apa motor sport fairing pabrikan berlogo sayap ini yang pertama masuk ke Indonesia?

Dari sejumlah catatan, motor sport fairing dari Yamaha sudah ada sejak tahun 1988. Pada tahun tersebut, Yamaha menawarkan motor jenis ini dengan nama RZR 135 untuk para rider tanah air.

Konon, RZR 135 juga merupakan versi tertinggi motor sport Yamaha pada zamannya, sebab pada waktu itu sudah ada versi 'naked' dengan nama Yamaha RX. Namun untuk RX masih menggunakan mesin 5 tingkat percepatan, sementara RZR 135 sudah menggunakan enam tingkat percepatan.

Secara data, mesin yang terpasang pada Yamaha RZR 135 berteknologi 2 langkah, berkapasitas 133cc dan berpendingin udara. Untuk tenaganya, diklaim bisa menyembur dengan power maksimum hingga 20ps pada putaran mesin 7500rpm. Untuk gearbox-nya dengan transmisi 6 percepatan yang dipadu kopling manual tipe basah.

Mesin tersebut kemudian disuplay bahan bakar dari tangki yang berkapasitas 13 liter dan untuk oli sampingnya berkapasitas 1,2 liter.

Bobot Yamaha RZR 135 bisa dibilang sebagai motor yang 'ringan' dengan berat kosong 106 kg. Rumornya, motor ini juga sanggup digeber dengan kecepatan sampai 140km/h meski masih standar bawaan pabrikan.

(kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-10-10
detail

BERITA POPULER