HOME » BERITA » SERBA OTONOM, MOBIL HYUNDAI DAN KIA AKAN MENGISI DAYA DAN PARKIR SECARA MANDIRI

Serba Otonom, Mobil Hyundai dan Kia Akan Mengisi Daya dan Parkir secara Mandiri

Di masa depan nanti, keberadaan kendaraan listrik akan menjadi hal yang biasa. Lalu yang menjadi masalah adalah tempat parkir dan pengisian ulang daya, terlebih di tempat umum.

Senin, 07 Januari 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Mobil listrik Hyundai dan Kia akan isi daya secara nirkabel dan parkir otonom (Paultan)

OTOSIA.COM - Di masa depan nanti, keberadaan kendaraan listrik akan menjadi hal yang biasa. Lalu yang menjadi masalah adalah tempat parkir dan pengisian ulang daya, terlebih di tempat umum.

Meskipun teknologi pengisian daya cepat terus berkembang, tapi masih ada kendaraan yang dibiarkan berada di area pengisian ulang meskipun kondisi telah terisi penuh.

Mobil listrik Hyundai dan Kia akan isi daya secara nirkabel dan parkir otonom (Paultan)

Melansir Paultan, Hyundai dan Kia akan memadukan sistem pengisian ulang daya nirkabel dengan parkir otomatis atau automated valer Parking System (AVPS). Sistem ini akan bekerja dengan cara memindahkan kendaraan yang terisi penuh dari stasiun pengisian daya secara otomatis sepenuhnya.

Sistem akan dijalankan melalui perangkat smartphone. Setelah diperintahkan untuk mengisi daya, kendaraan akan secara otomatis berjalan ke stasiun pengisian daya nirkabel yang kosong. Ketika baterai terisi penuh, ia akan pindah ke tempatparkir kosong lainnya menggunakan AVPS, yang memungkinkan kendaraan lain untuk mengisi daya di tempat yang ditinggakan.

Mobil listrik Hyundai dan Kia akan isi daya secara nirkabel dan parkir otonom (Paultan)

Mobil ini juga bisa kembali ke pemiliknya sesuai perintah melalui smartphone. Keseluruhan proses ini dilakukan dengan komunikasi antara kendaraan listrik, fasilitas parkir, sistem pengisian daya, dan pemilik mobil. Dalam hal ini, fasilitas parkir mengirimkan lokasi ruang parkir kososng dan stasun pengisian, sementara sistem pengisian memperbarui status pengisian kendaraan secara real-time.

Hyunda dan Kia berencana meluncurkan kendaraan otonom spenuhnya pada tahun 2030. Mereka mengatakan bahwa sedang mengkomersialkan teknologi untuk kendaraan otonom level 4 sekitar tahun 2025.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR