HOME » BERITA » SERI PEMBUKA MOTOGP 2020 DI AMERIKA SERIKAT TERANCAM BATAL LAGI, IMBAS VIRUS CORONA

Seri Pembuka MotoGP 2020 di Amerika Serikat Terancam Batal Lagi, Imbas Virus Corona

Lagi-lagi karena penyebaran virus Corona, MotoGP 2020 seri Amerika Serikat pad 5 April 2020 mendatang juga terancam batal.

Minggu, 08 Maret 2020 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Seri Pembuka MotoGP 2020 di Amerika Serikat Terancam Batal Lagi, Imbas Virus Corona
MotoGP 2019 seri Amerika Serikat (Motogp.com)

OTOSIA.COM - Seri pembuka MotoGP 2020 seharusnya digelar di Lossail, Qatar. Tapi lantaran adanya pembatasan perjalanan ke Qatar imbas dari penyebaran virus Corona, kelas premier tersebut dibatalkan.

Seri kedua setelah Qatar, di Buriram, Thailand pun ditunda. FIM pun sudah merilis jadwal MotoGP 2020 terbaru. Dalam jadwal itu, MotoGP 2020 seri Thailand menjadi 4 Oktober 2020, dari seharusnya digelar pada akhir Maret 2020.

Dengan demikian seri pembuka MotoGP 2020 akan menjadi milik Amerika Serikat. Sayangnya, hal ini kembali dikabarkan terancam batal lantaran virus Corona.

MotoGP 2020 seri Amerika Serikat itu akan digelar di Circuit of The Americas United States (COTA), di Austin pada 5 April 2020. Sementara itu, pemerintah Austin baru saja mengeluarkan aturan baru terkait penyebarn COVID-19, meskipun belum ada kasus positif virus Corona yang ditemukan di Austin.

1 dari 2 Halaman

Seri Pembuka MotoGP 2020 di Amerika Serikat Terancam Batal Lagi, Imbas Virus Corona

Pemerintah Kota Austin akan melarang adanya gelaran atau acara dalam skala besar, yang dihadiri oleh 2.500 orang lebih. Setiap rencana acara atau kegiatan akan dievaluasi case-by-case.

"Ini adalah keputusan yang dilakukan oleh departemen kesehatan untuk mengantisipasi segala kemungkinan," terang Travis County Judge, Sarah Eckhardt, melalui pernyataan tertulis yang dipublikasikan melalui laman resmi Pemerintah Austin.

Salah satu festival musik terbesar di Austin, South by Southwest (SXSW) yang seharusnya digelar 13-22 Maret 2020 pun sudah resmi dibatalkan. "Kami mendeklarasikan bencana lokal dan terkait isu ini, South by Southwest secara efektif dibatalkan untuk tahun ini," ujar Walikota Austin, Steve Adler.

 

2 dari 2 Halaman

Meskipun COTA lebih tepatnya berada di luar batas kota Austin, tapi COTA masih berada di dalam wilayah yang sama. Menurut The Drive inilah yang mengancam keberlangsungan MotoGP 2020 seri Amerika Serikat, lantaran kompetisi balap itu termasuk dalam acara berskala besar.

Jika di Eropa memiliki batas waktu kapan aturan pembatasan semacam ini dicabut, tidak dengan Austin. Pemerintah setempat tak memberi batasan waktu.

"Sampai kami mengatakan semua baik-baik saja, jangan mengundang lebih dari 2.500 orang ke satu tempat," lanjut Adler.

Dengan demikian, jika seri Amerika Serikat benar-benar dibatalkan, maka MotoGP 2020 Argentina pada 19 April 2020 nanti akan menjadi seri pembuka. Hanya saja, menurut Reuters, hingga Jumat (6/3/2020) dilaporkan ada 8 kasus COVID-19 di Argentina.

BERI KOMENTAR