HOME » BERITA » SERING LANGSUNG NYALAKAN AC DI KABIN MOBIL YANG PANAS, INI BAHAYANYA

Sering Langsung Nyalakan AC di Kabin Mobil yang Panas, Ini Bahayanya

Ternyata langsung menyalakan AC saat kabin mobil masih panas menyimpan bahaya.

Senin, 06 Mei 2019 17:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi menyalakan AC mobil (Carfromjapan.com)

OTOSIA.COM - Meski beberapa daerah di Indonesia masih diguyur hujan, ada kota-kota yang sudah masuk ke musim kemarau dengan panas terik. Alhasil, suhu di kabin mobil pun ikut naik, terlebih yang terparkir di luar ruangan.

Sayang, kita tidak boleh begitu saja menyalakan AC. Bukan karena masalah teknis. Justru ini terkait kesehatan di masa akan datang.

Menyitat Daihatsu.co.id, udara dalam kabin yang panas bisa membuat efek negatif terhadap kesehatan kita. Makanya harus ada tahapan yang dilalui ketika kita masuk mobil.

Menurut Daihatsu yang dikutip Liputan6.com, sesaat kita masuk mobil berudara panas, langkah pertama sebelum menyalakan AC adalah membuka seluruh kaca jendela. Setelah itu barulah menyalakan AC.

Mobil bisa diajak jalan beberapa saat sebelum kaca jendela ditutup kembali. Tujuannya agar udara panas yang semula berada di kabin berganti dengan udara baru.

Udara baru menggantikan udara panas juga bermanfaat meringankan kerja sistem AC. Namun udara baru mencegah terjadinya efek buruk jangka panjang bagi kesehatan kita. Udara panas kabin bersifat karsinogen, racun penyebab kanker.

Udara baru yang masuk juga mencegah terjadinya efek buruk pada pengguna mobil tersebut. Pasalnya, hawa panas di dalam kabin mengandung karsinogen, racun penyebab kanker.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR