HOME » BERITA » SERING MEMBAHAYAKAN, GILIRAN MOBIL SUV YANG KENA LARANGAN LEWAT

Sering Membahayakan, Giliran Mobil SUV yang Kena Larangan Lewat

Mobil SUV bakalan punya masa depan suram di Eropa jika aturan pembatasan SUV disetujui.

Rabu, 05 Februari 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Sering Membahayakan, Giliran Mobil SUV yang Kena Larangan Lewat
SUV akan dibatasi di Eropa (Ilustrasi/Topspeed)

OTOSIA.COM - Pamor mobil SUV terus merangkak naik di pasar otomotif. Kemampuan mobil SUV rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, termasuk di Inggris.

Tapi tampaknya keberadaan mobil SUV dianggap berbahaya di Eropa. Menurut The Sun, European Transort Safety Council (EUTSC) telah memanggil pihak berwenang lokal untuk melarang SUV untuk membantu mengurangi jumlah kecelakaan fatal.

Tercatat bahwa lebih dari 51.000 pejalan kaki dan sekitar 20.000 pesepeda tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Eropa, selama periode 2010 hingga 2018. Jumlah kecelakaan fatal yang melibatkan pesepeda menurun 8 kali daripada kematian penumpang kendaraan.

1 dari 1 Halaman

Sementara itu, menurut ETSC, risiko cedera parah atau kematian jauh lebih tinggi pada tabrakan dengan SUV dan mobil van, dibandingkan dengan model penumpang yang lebih kecil. Hal itu lantaran SUV lebih berat, memiliki bumper tinggi, dan lebih kaku. Maka itu, badan keselamatan tersebut meminta SUV harus dibatasi seperti kendaraan yang sudah berusia tua dengan emisi tinggi.

Mereka juga merekomendasikan batas kecepatan yakni sekitar 29 kpj, di seluruh Uni Eropa, dengan prioritas utama diberikan untuk pejalan kaki dan pesepeda.

"Uni Eropa menghadapi banyak tantangan, darurat iklim, kematian akibat kecelakaan, polusi udara dan obesitas. Kebijakan meningkatkan keamanan bersepeda dan berjalan juga bisa memberikan kontribusi besar untuk mengatasi semua tantangan ini. Beberapa negara UE, Belanda dan Denmark khususnya, menunjukkan rencana ke depan. Jika mereka bisa, maka seluruh UE pun demikian," kata Project Director ETSC.

BERI KOMENTAR