HOME » BERITA » BANYAK MIRIPNYA TAPI BEDA 'ORANG TUA', BEGINI SOSOKNYA KALAU HIACE DITIRU MEREK LAIN

Banyak Miripnya tapi Beda 'Orang Tua', Begini Sosoknya Kalau HiAce Ditiru Merek Lain

Merek asal Cina Joylong baru-baru ini memperkenalkan E6. Mobil Van tersebut mempunyai banyak kemiripan dengan Toyota HiAce Commuter.

Kamis, 09 Juni 2022 18:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Banyak Miripnya tapi Beda 'Orang Tua', Begini Sosoknya Kalau HiAce Ditiru Merek Lain
Joylong E6 (carscoops.com)

OTOSIA.COM - Toyota HiAce merupakan kendaraan komersil yang kerap ditemukan sebagai kendaraan operasional perusahaan atau travel. HiAce biasa digunakan untuk perjalanan dalam maupun luar kota.

Mobil ini sempat mendapat dua kali penyegaran. Pertama di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2019 di mana PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan varian baru HiAce Premio.

Lalu di bulan April tahun ini, TAM menyematkan beberapa improvement, seperti spion lipat elektrik, 4 buah charging ports USB, sensor parkir belakang, lampu kabut LED dan pilihan warna baru.

Toyota HiAce juga menjadi pilihan favorit untuk kendaraan pariwisata ataupun kebutuhan komersil di luar negeri, mulai dari Filipina, Australia, hingga ke Mexico.

1 dari 4 Halaman

Kloningan

(Kiri) Joylong E6 dan (Kanan) Toyota HiAce Commuter (carscoops.com, TAM)

Yang menarik Toyota HiAce juga dijual secara resmi di Tiongkok. Beberapa merek menjual mobil ini dengan nama berbeda, contohnya seperti Jinbei Haise dan Foton View C1 yang mengambil basis dari HiAce lawas.

Namun baru-baru ini ada merek asal Cina yang meluncurkan produk baru dengan desain mirip dengan mobil van Toyota itu. Melansir carscoops.com, Selasa (7/6/2022), Joylong merilis E6, sebuah mobil van dengan bentuk bodi tidak jauh berbeda dengan HiAce.

2 dari 4 Halaman

Kendati demikian, berbeda dengan Jinbei dan Foton, Joylong tidak pernah bekerja sama dengan Toyota. Dengan kata lain Joylong E6 merupakan wujud nyata kloningan dari Toyota HiAce.

Bentuk bodi mobil ini mempunyai banyak kemiripan dengan HiAce Commuter yang dijual Indonesia, mulai dari lampu depan hingga desain kaca samping. Yang berbeda, Joylong E6 lebih panjang.

Kesamaan wujudpun berlanjut ke dalam interior. Joylong E6 terbilang "menjiplak" kabin HiAce, terutama dari penempatan tombol dan desain mendasarnya. Sedangkan perbedaan di antara kedua mobl ini cukup minim, di mana E6 mendapatkan tambahan head unit di dasbor dan kamera mundur.

3 dari 4 Halaman

Performa

(Kiri) Interior Toyota HiAce Commuter dan (Kanan) interior Joylong E6 (TAM, carscoops.com)

Perbedaan utama terletak pada sektor performa. Joylong E6 sudah sepenuhnya berbasis listrik, dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 82 PS dan torsi 382 Nm. Layaknya mobil listrik, E6 tidak memiliki transmisi.

Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD) dan diklaim bisa menempuh jarak sejauh 300 km atau 280 km di jalanan tol dengan kondisi baterai penuh. Baterai bawaannya berkapasitas 86.1 kWh dan membutuhkan waktu 5 jam dengan pengecasan 20 ampere atau kurang dari 4 jam dengan pengisian 32 ampere untuk diisi penuh.

4 dari 4 Halaman

Sementara Toyota HiAce masih menggunakan mesin konvensional berbahan bakar diesel. Toyota menyematkan HiAce commuter dengan mesin 3.000cc 1KD-FTV dengan output 136 PS dan torsi 300 Nm. Mobil ini berkonfigurasi RWD dan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan.

Untuk harga Joylong E6 dijual mulai dari 90.000 AUD atau Rp 936 juta (dengan kurs 1 AUD = Rp 10.400,90). Sedangkan Toyota HiAce Commuter di tanah air bisa dipinang dengan harga Rp 539,2 juta.

BERI KOMENTAR