HOME » BERITA » SETAHUN DI INDONESIA, YUK TENGOK PENCAPAIAN PERUSAHAAN BAHAN BAKAR ASAL INGGRIS INI

Setahun di Indonesia, Yuk Tengok Pencapaian Perusahaan Bahan Bakar Asal Inggris Ini

Setelah satu tahun beroperasi di Indonesia, apa saja sih kontribusi dan pencapaian yang berhasil di raih BP-AKR? Yuk, simak kilas balik perjalanannya!

Jum'at, 29 November 2019 08:26 Editor : Wuri Anggarini
©BP

OTOSIA.COM - Dikenal sebagai salah satu perusahaan minyak dan gas bumi terbesar di dunia, BP memang sudah beroperasi di Indonesia selama 70 tahun lamanya. Sejak tahun lalu, BP dan mitra joint venture-nya, AKR, telah resmi mengoperasikan SPBU BP-AKR di Indonesia. Jika ditengok ke belakang dan diambil dari berbagai sudut pandang, kehadirannya di Indonesia memang sudah memberikan banyak kontribusi dan banyak sekali pencapaian.

Setelah satu tahun beroperasi di Indonesia, apa saja sih kontribusi dan pencapaian yang berhasil di raih BP-AKR? Yuk, simak kilas balik perjalanannya!

Joint Venture Bersama AKR

BP resmi melakukan joint venture dengan PT AKR Corporindo, Tbk yang merupakan salah satu perusahaan distributor minyak dan gas terdepan di Indonesia. Penandatanganan perjanjian ini dilakukan di London pada 5 April 2017 lalu. Dari hasil perjanjian kerja sama ini, BP dan AKR mendirikan sebuah perusahaan bernama PT Aneka Petroindo Raya (APR) yang beroperasi di bawah nama BP-AKR Fuels Retail.

Kerja sama ini dibangun dengan tujuan untuk membangun target konsumen baru dalam bidang bahan bakar dan oli di Indonesia. Bukan tanpa alasan mengapa AKR yang dipilih BP dalam melakukan kerja sama, sebab perusahaan tersebut adalah salah satu distributor terbesar dalam bidang penyaluran bahan bakar di Indonesia melalui SPBU dan SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan) di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Jadi, kerja sama tersebut diharapkan bisa memenuhi peningkatan kebutuhan bahan bakar di tanah air dan memberikan manfaat positif untuk konsumen.

13 SPBU yang Tersebar di Jakarta dan Surabaya

Setelah setahun menjalin kerja sama, BP dan AKR berhasil mengoperasikan 13 SPBU yang tersebar di Jakarta area dan Surabaya. Hal ini menunjukkan pertumbuhan positif bisnis BP-AKR untuk memenuhi kebutuhan konsumen di tanah air. Hal ini memang sesuai dengan strategi bisnis BP-AKR untuk memberikan bahan bakar berkualitas untuk konsumen Indonesia melalui SPBU yang mengusung konsep one stop service di mana BP-AKR bekerjasama dengan local partner Indonesia melalui gerai ritelnya, sehingga selain mengisi bahan bakar kendaraannya konsumen juga bisa memenuhi kebutuhan lainnya dengan berbelanja di minimarket, menikmati kopi dan makanan ringan serta melakukan service kendaraan roda dua di bengkel yang tersedia.

Membuka Lapangan Kerja Baru Bagi Masyarakat

Pertumbuhan bisnis BP-AKR dengan membuka 13 SPBU di Jakarta area dan Surabaya tentunya memberikan dampak sosial yang positif, yaitu membuka hingga 70% lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal/sekitar. Tentu saja ini menjadi bentuk dukungan nyata BP untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Terlebih mendukung bisnis lokal dengan menjalin kemitraan bersama retail lokal dalam menghadirkan beragam layanan seperti kopi dan snack.

Bahan Bakar BP

BP-AKR juga berencana untuk mengembangkan BP Target Neutral yang merupakan jawaban BP-AKR atas tantangan perubahan iklim yang tengah menjadi isu populer saat ini.

BP-AKR memandang bahwa bahan bakar memang menjadi kebutuhan utama kendaraan untuk beroperasi, tapi sekaligus memberikan dampak untuk lingkungan. Inilah yang membuat BP-AKR mengembangkan stasiun pengisian bahan bakar carbon neutral di pasar tanah air.

Selain menjunjung tinggi komitmen untuk mengurangi emisi karbon, bahan bakar BP-AKR juga dilengkapi dengan teknologi ACTIVE yang punya beragam manfaat. Misalnya saja untuk membantu melindungi mesin dari penumpukan kotoran, mengurangi jumlah emisi karbon, dan menjaga kinerjanya tetap maksimal. Dengan harga yang cukup bersaing, kini waktunya kamu membuktikan sendiri kualitas BP! Info lebih lanjut, klik di sini.

Happy 1st Anniversary, BP-AKR!

(adv/wri)