HOME » BERITA » SETAHUN PERJALANAN HONDA SH150I DI TANAH AIR, RIWAYATMU KINI

Setahun Perjalanan Honda SH150i di Tanah Air, Riwayatmu Kini

Rabu, 16 Mei 2018 12:15

Setahun Perjalanan Honda SH150i di Tanah Air, Riwayatmu Kini
Foto: AHM
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Masih ingat dengan skutik rasa Eropa Honda SH150i? Ya, motor ini didatangkan utuh dari Vietnam dan mulai beredar sejak April 2017. Dengan kata lain, Honda SH150i sudah setahun mengaspal di Indonesia. Sayangnya, skutik ini masih sepi peminat.

Tengok saja data yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Tahun lalu, pada periode Juni hingga Desember 2017, angka distribusinya hanya mencapai 140 unit.

Mengenaskannya lagi, pada kwartal pertama 2018, Januari sampai April, PT AHM tak satu pun mencatatkan distribusi untuk Honda SH150i. Namun, bukan berarti tak laku, data keluaran AISI hanya menjelaskan jumlah motor yang dikirim dari pusat ke berbagai dealer Honda di tanah air.

Lantas, apa yang membuat konsumen di Indonesia kurang tertarik pada Honda SH150i?

Bisa jadi, peran besar terletak pada harganya yang berada di kisaran Rp40 jutaan. Banderol tersebut nyaris dua kali lipat motor sport rakitan lokal karena berstatus CBU (Completely built-up) karena diboyong langsung dari Vietnam.

Di segmen skutik 150, PT AHM telah memiliki Honda Vario 150 (Rp22 jutaan) dan Honda PCX (Rp30 jutaan). Sedangkan pihak kompetitor, Yamaha, semakin kokoh dengan Nmax yang juga ditawarkan di angka Rp30 jutaan.

Meski demikian, Honda SH150i sebenarnya memang khusus menyasar para pecinta skutik dengan cita rasa Eropa. Namun, jika kondisinya tetap seperti ini, akankah PT AHM akan menghentikan penjualan motor ini di tanah air? Kita tunggu saja.

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-16
detail

BERITA POPULER