HOME » BERITA » SETANG MOTOR GOYANG TIDAK STABIL BISA JADI KOMSTIRNYA RUSAK?

Setang Motor Goyang Tidak Stabil Bisa Jadi Komstirnya Rusak?

Jum'at, 12 Januari 2018 19:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Ilustrasi komstir rusak (Foto: Budicomal Blog)

OTOSIA.COM - Sebagai pengguna motor yang sudah bertahun-tahun memakainya, pernahkah otolovers merasakan kesulitan untuk mengendalikan kemudinya, terasa goyang-goyang sulit untuk stabil? Jika pernah, pastinya tahu bagian part mana yang rusak?

Namun bagi yang belum pernah, perlu diketahui bisa jadi yang rusak adalah bagian komstirnya. Sebab part tersebut menjadi 'persendian' utama antara bagian depan motor dengan rangkanya.

Karena part tersebut letaknya di dalam dan tidak bisa dilihat secara langsung kerusakannya, sekarang kira-kira apa saja tanda-tanda lain jika sepeda motor mengalami kerusakan part tersebut?

Dari sejumlah informasi yang berhasil dikumpulkan redaksi, selain kemudi yang goyang-goyang jika komstir motor rusak akan terdengar bunyi-bunyi kecil di bawah setang motor, terlebih saat motor kita gunakan berbelok, melibas tikungan.

Tanda lainnya, yakni motor akan terasa berat ketika diajak untuk bermanuver. Kemudian jika dilakukan pengereman depan akan terasa seperti ada jarak tertentu, rem terasa tidak pakem.

Nah jika motor otolovers ada tanda-tanda seperti di atas, silakan diperiksakan ke bengkel, mungkin komstirnya sudah minta ganti.

 (kpl/rd)

BERI KOMENTAR