HOME » BERITA » SETELAH 20 TAHUN DAN 300 RIBU MIL, BEGINI RUPA DARI OLI MOBIL

Setelah 20 Tahun dan 300 Ribu Mil, Begini Rupa dari Oli Mobil

Kamis, 10 Agustus 2017 13:15

Setelah 20 Tahun dan 300 Ribu Mil, Begini Rupa dari Oli Mobil
Oli Bekas (foto: ChrisFix)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Para pengguna kendaraan bermotor baik yang beroda dua maupun beroda tiga sudah pasti akan diberi beban tanggung jawab untuk bisa merawat kendaraan mereka dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara mengganti secara berkala pelumas mesin supaya kondisi tetap prima.

Namun ChrisFix di dalam video yang diunggahnya akan menunjukkan bagaimana kondisi dari oli yang sudah tak diganti selama 20 tahun dan mobil yang dipergunakan sejauh 300 ribu mil atau sekitar 482 ribu km, supaya Otolovers sekalian tahu pentingnya mengganti oli.

Ford Mustang milik ChrisFix yang dikendarai semenjak tahun 1995 kemudian dibongkar isi mesinnya pada tahun 2015 yang lalu. Dengan niatan untuk menunjukkan seberapa mengerikan kondisi oli, sekaligus juga untuk mengganti olinya dengan yang lebih segar dan lebih baru.

Setelahnya, ChrisFix kemudian mengirim sampel dari oli tersebut ke laboratorium otomotif. Isinya, mengejutkan. Karena ternyata setelah diteliti, isi oli sudah bercampur-campur dengan komponen-komponen mobil dan banyak lagi yang lainnya.

Yang paling banyak adalah hasil gesekan antara piston dan dinding yang mengakibatkan kikisan besi di dalam oli. Selain itu adanya potasium, tanah, dan debu-debu membuat oli jadi semakin kental dan solid. Wah, masih mau tak ganti oli?

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-8-10
detail

BERITA POPULER