HOME » BERITA » SETELAH CIVIC DAN CR-V, BENARKAH HONDA AKAN PAKAI MESIN TURBO UNTUK JAZZ?

Setelah Civic dan CR-V, Benarkah Honda Akan Pakai Mesin Turbo untuk Jazz?

Jika benar akan menggunakan mesin turbo, lalu mesin dengan spesifikasi seperti apa yang akan dipakai? Tampaknya, Honda akan menggunakan mesin milik Civic dengan spesifikasi Eropa.

Jum'at, 16 November 2018 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Jazz versi Jepang (Best Car Web)

OTOSIA.COM - Honda menjadi salah satu merek yang terbilang baru saja menggunakan turbo untuk mesin produknya. Hingga akhirnya Honda menyematkan mesin turbo untuk Civic pada 2016 lalu, dan diikuti CR-V setahun kemudian di beberapa pasar.

Bahkan, kemudian Accord juga menggunakan mesin 1.5L turbo, dan pilihan lainnya adalah mesin 2.0 dari Type R. Kini sebentar lagi, sepertinya Honda juga akan menggunakan mesin turbo untuk Honda Jazz, seperti dilansir dari Autoindustriya.

Menurut Best Car Web, Honda Jazz 2020 akan mengikuti Honda Civic. Saat ini, Honda Jazz ditenagai mesin yang dijuluki L-Series yang menjadi sumber tenaganya sejak 2001. Mesin itu terus diperbarui untuk mendapatkan tenaga dan emisi yang lebih baik setiap tahunnya.

Honda Jazz (Autoindustriya)

Jika benar akan menggunakan mesin turbo, lalu mesin dengan spesifikasi seperti apa yang akan dipakai? Tampaknya, Honda akan menggunakan mesin milik Civic dengan spesifikasi Eropa.

Di pasar Eropa, Civic tersedia dalam tiga pilihan mesin, yaitu 1,6L diesel, 1,5L turbo, dan 1.0L turbocharged 3-silinder. Mesin 1.0L turbocharged 3-silinder inilah yang tampaknya akan disematkan di balik kap Honda Jazz.

Mesin P10A2 tersebut memiliki Cams overhead ganda dan Earth Dreams Technology, Tiga port turbocharged menghasilkan tenaga 129 PS dan 200 Nm. Jika dibandingkan dengan mesin Honda Jazz saat ini, jelas mesin 1.0L turbo lebih bertenaga dengan torsi lebih besar.

Mesin Honda Jazz spesifikasi ASEAN saat ini menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm. Sementara versi Earth Dream memiliki tenaga 128 PS dan torsi 153 Nm.

Namun, mesin 1.5L Honda Jazz tidak begitu saja dihilangkan. Masih menurut Best Car Web, mesin L-Series itu kemungkinan akan menjadi sumber tenaga versi entry-level, atau pasar lain di luar Jepang.

Mengingat City juga menggunakan platform yang sama dengan Jazz, tak menutup kemungkinan sedan kecil ini juga kebagian mesin turbo.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR