HOME » BERITA » SETELAH DISKON PAJAK, XENIA TETAP TIDAK MASUK 5 BESAR PENJUALAN DAIHATSU

Setelah Diskon Pajak, Xenia Tetap Tidak Masuk 5 Besar Penjualan Daihatsu

Kendati diskon PPnBM telah diberlakukan Maret lalu, penjualan Xenia masih belum maksimal. MPV keluarga ini tetap berada di urutan ke-6 penjualan total Daihatsu

Kamis, 17 Juni 2021 19:15 Editor : Nazarudin Ray
Setelah Diskon Pajak, Xenia Tetap Tidak Masuk 5 Besar Penjualan Daihatsu
Xenia tidak masuk 5 besar penjualan total Daihatsu (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Permberian diskon pajak kendaraan membuat industri otomotif di tanah air mulai bergerak naik. Sejumlah merek mengalami kenaikan penjualan pada beberapa modelnya pasca relaksasi pajak diberlakukan.

Daihatsu yang beberapa produknya masuk dalam diskon PPnBM menyatakan adanya kenaikan 14 persen retail sales atau terjual 54 ribu unit sepanjang Januari - Mei 2021, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

1 dari 2 Halaman

Dalam 5 bulan penjualan ritel Daihatsu didukung oleh 3 backbone utama, yakni Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 15.231 unit, atau berkontribusi 28%, disusul Sigra 13.353 unit (24%), dan Terios 8.298 unit (15%).

Selanjutnya, Ayla terjual 7.208 unit atau berkontribusi 13%, disusul Gran Max Minibus sebanyak 5.063 unit (9%), dan keenam ditempati Xenia dengan penjualan sebanyak 3.608 unit atau hanya menyumbang 7% dari total penjualan Daihatsu Januari - Mei 2021.

2 dari 2 Halaman

?Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,? ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Sementara untuk wholesales, penjualan Daihatsu mencapai sekitar 59 ribu unit, naik 20% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu. Hasil ini membuat Daihatsu tetap berada di peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan market share sebesar 17% untul retail sales, dan 18,5% untuk wholesales.

BERI KOMENTAR