HOME » BERITA » SETELAH HAYABUSA, KAKAK SUZUKI GSX-R150 JUGA DISUNTIK MATI

Setelah Hayabusa, Kakak Suzuki GSX-R150 Juga Disuntik Mati

Standar emisi gas buang Euro-4 kembali mengharuskan Suzuki menghentikan produksi salah satu motornya, yaitu Suzuki GSX-R750.

Kamis, 03 Januari 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Suzuki GSX-R750 (motorcyclenews.com)

OTOSIA.COM - Suzuki Global secara resmi mengumumkan penghentian produksi motor sport legendaris mereka, Suzuki Hayabusa. Kini, kakak Suzuki GSX-R150 juga bernasib sama.

Mengutip dari Motosaigon.vn, Suzuki GSX-R750 juga dihentikan produksinya untuk pasar Eropa dan Jepang. Penyebabnya sama, mesin yang tidak memenuhi standar emisi gas buang Euro-4.

Memang, sportbike tersebut tak terlalu banyak beredar di Indonesia jika dibandingkan dengan produk lain sekelasnya, sebut saja Kawasaki ZX-6R, Honda CBR500R, dan Yamaha YZF-R6.

Meski demikian, Suzuki GSX-R750 termasuk model yang populer di pasar Eropa. Pasalnya, keduanya memiliki performa yang dirasa paling baik di kelasnya.

Selain itu, desain Suzuki GSX-R750 terbilang khas dengan penggunaan headlight yang mirip paruh burung. GLekuk bodinya yang minimalis juga menjadi daya tarik tersendiri.

Bahkan, pada tahun 1985, Suzuki GSX-R750 sempat menjadi motor terbaik di kelasnya. Pasalnya, mesin 4-silinder DOHC sportbike ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 106 hp.

Teknologi yang ditawarkan pun lebih maju dibanding kompetitornya. Saat motor lain sekelasnya masih menggunakan water-cooled, Suzuki GSX-R750 sudah mengandalkan oil-cooling system.

Perkembangan Suzuki GSX-R750 terhenti sejak 2011. Hingga saat ini, motor gede (moge) tersebut hanya melakukan penyegaran warna tanpa ada perubahan desain dan mesin.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR