HOME » BERITA » SETELAH KELILING DUNIA, AKHIRNYA YAMAHA TENERE LAKONI DEBUT DI EICMA 2018

Setelah Keliling Dunia, Akhirnya Yamaha Tenere Lakoni Debut di EICMA 2018

Kamis, 08 November 2018 16:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha Tenere 700 (motorcycle.com)

OTOSIA.COM - Versi produksi massal Yamaha Tenere 700 akhirnya dirilis dalam gelaran EICMA 2018 di Milan, Italia. Sebelumnya, motor gede (moge) ini telah diuji di 4 benua, Australia, Afrika, Amerika, dan Eropa serta dinahkodai oleh pembalap kawakan dan motorcycle enthusiast.

Seperti sempat dikabarkan sebelumnya, motor adventure ini mengandalkan mesin yang sama dengan MT-07 dan XSR700, 2-silinder inline berkapasitas 689 cc. Meski demikian, pabrikan asal Jepang tersebut mengubah setelan injektor dan raiso gear Yamaha Tenere 700 sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 72 hp dengan torsi 67,8 Nm.

Mengutip dari Motorcycle.com, sektor kaki-kaki Yamaha Tenere 700 dihuni oleh suspensi depan upside-down dan suspensi link-type di belakang. Sedangkan bannya menggunakan produk Pirelli Scorpion Rally STR berukuran 90/90R21 di depan dan belakang 150/70R18.

Roda depannya dikawal dengan dual-disc brake 282 mm. Sedangkan belakangnya dibekali single disc-brake berdiameter 245 mm. Keduanya tentu sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (anti-lock brake system) sebagai fitur standar.

Pabrikan berlogo garpu tala itu juga menyematkan 4 LED sebagai lampu utama dan didesain menyerupai motor rally. Headlight ini berada di balik mika bening yang juga berfungsi sebagai windshield.

Di baliknya, terpasang instrumen panel digital berbentuk kotak minimalis yang juga terinspirasi dari motor rally. Ukurannya yang kecil memungkinkan pengendara untuk memasang sistem navigasi tambahan atau pun smartphone.

Karena terlahir dengan kemampuan melibas medan on-road dan off-road serta digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, Yamaha Tenere 700 tentu memiliki berbagai aksesori khas motor adventure, seperti hand-guard, crash-bar, skid-plate, stang lebar, tangki bahan bakar berkapasitas 15,8 liter, dan box after-market.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR