HOME » BERITA » SETELAH LUNCURKAN SUV SELTOS, KIA BIKIN MOBIL DI INDONESIA?

Setelah Luncurkan SUV Seltos, Kia Bikin Mobil di Indonesia?

Kia yang masih mengandalkan unit impor untuk pasar Indonesia memunculkan isu kemungkinan mobil Kia akan dibuat di Indonesia, termasuk Seltos

Selasa, 21 Januari 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Setelah Luncurkan SUV Seltos, Kia Bikin Mobil di Indonesia?
Kia Seltos (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Peluncuran SUV All New Seltos di awal tahun 2020 menjadi tanda bahwa merek Kia masih punya taji di pasar mobil Indonesia. Peluncuran Seltos oleh agen pemegang merek (APM) baru PT Kreta Indo Auto (KIA) memberikan harapan kebangkitan brand tersebut di Tanah Air.

Pasar SUV yang terus begerak naik dan larisnya Seltos di India menjadi alasan utama KIA merilis SUV lebih dulu di Tanah Air pada awal tahun ini.

Kia Seltos yang dijual di Indonesia diimpor langsung dari India. Pabrik Kia di negeri Bollywood memang disiapkan khusus membuat Seltos, baik untuk pasar domestik India maupun ekspor. KIA berharap kesuksesan India menjual Seltos menular ke Indonesia.

1 dari 3 Halaman

Kia yang masih mengandalkan unit impor untuk pasar Indonesia memunculkan isu kemungkinan mobil Kia akan dibuat di Indonesia, termasuk Seltos. Pasalnya, Indomobil Group sebagai induk perusahaan PT Kreta Indo Auto punya fasilitas pabrik yang mumpuni untuk memproduksi mobil baru.

Volume penjualan yang sedikit menjadi dasar bagi KIA untuk memproduksi model-model Kia di pabrik perakitan milik Indomobil Group. Lain cerita jika penjualan model-model Kia terus melonjak di Indonesia

?Ini bergantung sama volume. Makin banyak penjualan juga tidak bagus untuk CBU, lebih bagus kita merakit. Jadi semua tergantung sama penjualan. Kalau ngomong soal pabrik Indomobil juga sudah punya pabrik beberapa yang bisa teralisasi,? ujar Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA.

2 dari 3 Halaman

Karena itu KIA tidak mau terburu-buru memutuskan untuk memproduksi model Kia di perakitan Indomobil.

?Belum. Kita kan baru mulai jadi Kreta Indo Artha, baru mulai beroperasi November 2019, baru jualan awal Januari. Langsung segmen baru. Kita bawa segmen ini agar menjadi semangat baru Indomobil, mobilnya benar-benar mobil. Kita tahu Indomobil bukan grup kecil, banyak fasilitas dimiliki oleh Indomobil,? papar Ario.

?Kalau target penjualannya jalan, dan kita bisa sediakan sampai 38 jaringan aftersales, konsumen dan marketnya naik, kita bisa juga dipercaya. Dan saya rasa itu akan kejadian (Kia dibuat di Indonesia),? tambahnya.

3 dari 3 Halaman

Untuk mengejar target volume pemasaran ke depan, setelah Seltos, KIA menjanjikan akan ada dua produk baru lagi yang bakal diluncurkan di Indonesia. Kedua model tersebut akan mengisi segmen yang belum dihuni produk Kia.

?Intinya kalau memang ada model baru kemungkinan akan dluncurkan yang Kia belum punya segmen itu. Produk barunya bukan tahun ini. Saya belum bisa ngomong lebih jauh. Tapi kalau seandainya masuk, KIA akan menghadirkan mobil di segmen yang selama ini KIA belum pernah masukkan ke Indonesia,? terangnya.

Sementara menyinggung penjualan model Kia yang lain, KIA memastikan jualan Kia Sorento dan Sportage terus berlajan. Apalagi segmen kedua model tersebut sudah mulai membaik di pasar otomotif Indonesia.

?Kia Sorento dan Sportage cocok di Indonesia, baik segmennya maupun harganya. Karena itu kita menghadirkan Seltos, di mana harganya menarik, fiturnya selangit,? tutup Ario.

BERI KOMENTAR